SIGUNTUR LIRIK KAWASAN CANDI PADANG ROCO

Dharmasraya akan Memiliki Destinasi Wisata Alam dan Sejarah

Kawasan Candi Padang Roco yang akan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Dharmasraya

PULAU PUNJUNG (Metrans)

Wali Nagari Siguntur Aswat menyatakan tetap optimis menjadikan objek wisata Candi Padang Roco yang merupakan peninggalan Kerajaan Adityawarman di Jorong Sungai Lansek Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, sebagai objek wisata andalan di daerah itu.

“Meski kawasan objek wisata Candi Padang Roco belum masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah( RPJMD) Propinsi Sumatera Barat 2016-2017, kita optimis objek wisata Candi Padang Roco bisa diandalkan,” ujar Wali Nagari Siguntur Aswat di Pulau Punjung, Senin (15/5).


Kini, tambahnya, upaya itu tengah dilakukan Nagari Siguntur melalui program dana desa, serta dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), dan pihak Nagari Siguntur telah mempersiapkan ruas jalan menuju kawasan objek wisata tersebut.

"Kita sudah siapkan jalan dengan lebar 15 meter sepanjang kurang lebih satu kilometer," kata Aswat.

Jalan selebar 15 meter tersebut nantinya, kata dia, akan dibuat dua jalur dengan membuat taman ditengah badan jalan. Selain itu, pihaknya juga telah merancang serta mempersiapkan sarana dana prasana penunjang menuju kawasan Candi Padang Roco tersebut.

"Selain sarana jalan, kita juga telah siapkan sarana jembatan gantung yang nantinya bisa dilalui mobil," jelasnya.

Dikatakan, melalui dana APBD tahun 2017 ini, proses pembangunan jembatan gantung tengah disiapkan.

"Pada tahun ini, Anggaran Rp2,5 Milyar sudah kita mulai pembangunanya," ungkapnya

Upaya menjadikan kawasan Candi Padang Roco sebagai tempat wisata kian gentol dilakukan oleh Wali Nagari, dengan merancang penambahan tiga unit dermaga ponton serta speed boat.

Selain itu, katanya lagi, nantinya para pengunjung juga akan dimanjakan dengan dua wisata alam, yakni dua gua yang terletak di kawasan Jorong Sungai Lansek dan Jorong di Siluluak serta wisata buatan, yaitu kolam renang atau waterboom.

"Ada banyak objek wisata nantinya yang akan memanjakan para pengunjung, mulai dari candi, gua yang masih alami serta tempat pemandian atau waterboom." katanya

Bukan hanya itu, para pengujung juga akan dimanjakan dengan berbagai kuliner khas Nagari Siguntur yang diracik oleh tangan-tangan terampil masyarakat Siguntur.

"Kita targetkan, tahun 2019 nanti objek wisata ini sudah terealisasi dan akan kita jadikan sebagai badan Usaha Milik Nagari (BUMNag)," harapnya.


Jangan Lewatkan