oleh

PERINGATI HKN KE-53

Dinkes Pessel Ikut Mendukung Promosi Kawasan Wisata

PAINAN (Metrans)

Hari Kesehatan Nasional (HKN) terus diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan pemahanan dan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan. Pada tahun 2017 ini, bertepatan dengan HKN ke-53, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengangkat tema "Pesona Pessel"

Salah satu inovasi yang dicetuskan oleh Dinas Kesehatan setempat, menyangkut masalah tema yang diangkat oleh Dinkes, dengan tidak mengesampingkan kewenangannya di kesehatan, namun juga memiliki kandungan dan kesamaan visi dan misi serta skala prioritas Pemkab merintah Daerah Pessel.


"Tema kegiatan peringatan HKN ini mengusung Pesona Pessel, dimana dalam satu huruf memiliki makna di dunia kesehatan, disamping itu, juga mendukung promosi kawasan wisata kita di Pessel," kata Bupati Pessel Hendrajoni, pada peringatan HKN di halaman kantor Dinas Kesehatan setempat Selasa (21/11).

Dia mengatakan, bidang kesehatan memang menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat. Untuk itu, dari waktu ke waktu harus dibenahi, baik infrastruktur, management hingga administrasi kesehatan.

Dikatakanya, kepada seluruh OPD untuk menunjukkan kreativitas, sehingga akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan perkembangan pembangunan di daerah.

"Saya minta kepada seluruh OPD saya untuk terus berinovasi, seperti yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, dan ini bisa menjadi contoh bagi OPD lainya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Syarizal Antoni menyampaikan, dalam melangsungkan peringatan HKN ke-53, pihaknya sengaja mempersiapkan beberapa bulan sebelumnya, sehingga mampu menyelenggarakannya dan menyelaraskan dengan visi dan misi hingga pembangunan skala prioritas Pemkab Pessel.

Ia mengatakan jargon yang diusung oleh pihaknya itu, memiliki berbagai maksud dan tujuan, tanpa menghilangkan jati diri instansinya di dunia kesehatan.

Dia menjelaskan, makna dari "Pesona” tersebut adalah pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan penyakit tidak menular, enyahkan asap rokok, stop buang air besar sembarangan, olahraga secara teratur dan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, nagari siaga aktif menuju kemandirian, anak mendapat imunisasi lengkap.

Sedangkan “Pessel” memiliki makna ; pemeriksaan kesehatan secara teratur ke fasilitas kesehatan, eratkan hubungan ibu dan anak juga mengajak masyarakat untuk sama-sama mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga, katanya.

"Dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat," tutupnya. (mil)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru