oleh



Disnakertrans Pessel Tetap Awasi Intensif TKA di Daerah Itu

PAINAN (Metrans)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat,  tetap melakukan pengawasan intensif terkait dengan keberadaan tenaga kerja asing di daerah itu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan, Sirdin Masrul. SH. MSi, menyampaikan upaya tersebut guna mengantisipasi masuknya tenaga kerja asing ilegall.


"Apalagi investasi asing kian tumbuh seperti di sektor perkebunan, energi dan pariwisata," katanya kepada Metro Andalas di ruangannya, Jumat (7/4).

Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan, saat ini tercatat tiga tenaga kerja asing yang resmi terdaftar di kabupaten itu.

Ia menjelaskan, ketiga pekerja asing itu adalah Yap Chon Mon warga negara Malasyia jabatan manejer di perusahaan perkebunan milik PT Incasi Raya, kemudian dua orang lainnya adalah Dominike dan Spire, PT. Bintang Paradiso yang bekerja pada lokasi pariwisata Pulau Cubadak, Kecamatan Koto XI Tarusan.

"Nah, yang dua orang terakhir ini merupakan pasangan suami isteri yang berasal dari Prancis", jelasnya.

Sementara tujuh orang tenaga kerja asing yang ada di Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) milik PT Dempo di Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, katanya lagi, hanya sebagai tenaga surveyor.

Kehadiran para pekerja itu, kata dia, bukan bersifat permanen. Akan tetapi hanya melakukan detail emginering design (DED), untuk tahapan konstruksi pembangkit.

Kendati demikian, sesuai dokumen perizinannya, keberadaan ketujuh warga negara Tiongkok itu hanya sampai akhir April 2017 ini.

"Jika mereka nantinya melewati batas waktu yang telah ditetapkan, tentu akan dideportasi," tegas Sirdin Masrul.

Ketujuh warga Negara Tirai Bambu itu antaralain, Liang Zhi Qiang dengan visa tercatat mulai 3 Januari 2017, Wei Xia Olin jabatan Drilling Surveyor, dengan visa tercatat mulai 8 November 2016, Wu Yaodong, dengan visa tercatat  mulai 28 Desember 2016, Huan Zhan Gnin jabatan Drilling Surveyor, dengan visa tercatat mulai 8 November 2016.

Kemudian, Bu Zhaoming, dengan visa tercatat mulai 20 Desember 2016, Lan Wukai jabatan Drilling Surveyor, dengan visa tercatat mulai 15 Juni 2016, dan Wei Xiayoi jabatan Drilling Surveyor, dengan visa tercatat mulai 8 November 2016.


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru