oleh

MUSRENBANG NAGARI SARUASO

DPRD Tanah Datar Minta Pemnag Benahi Infrastruktur

BATUSANGKAR (Metrans)

DPRD Tanah Datar mengharapkan Pemerintahan Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, untuk membenahi infrastruktur karena daerah itu sebagai nagari penopang pusat pemerintahan kabupaten yang berada di Nagari Pagaruyung.

"Nagari Saruaso sebagai nagari penopang pusat pemerintahan kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Tanjung Emas, harus dibenahi infrastrukturnya seperti jalan, jembatan, gedung pemerintahan, atau tempat fasiltas umum," kata Ketua DPRD Tanah Datar, Sumatera Barat, Anton Yondra saat acara Musrenbang Nagari Saruaso, Selasa (31/1).


Ia menyebutkan seluruh pembangunan di nagari yang menggunakan APBD kabupaten, provinsi, ataupun pusat, harus berdasarkan hasil Musrenbang.

Ia menjelaskan melalui pokok-pokok pikiran DPRD dapat membantu dan memperjuangkan kepentingan masyarakat, tetapi juga harus berdasarkan hasil musrenbang nagari tadi.

"Jadi, tidak ada lagi istilah pembangunan yang naik di jalan, seperti yang selama ini masih dilakukan oleh beberapa nagari," katanya.
Ia menuturkan saat ini sebanyak 35 orang anggota DPRD Tanah Datar turun ke 75 nagari sesuai daerah pemilihan (dapil) masing-masing untuk mengawasi proses Musrenbang pada 23 Januari sampai 15 Februari 2017.

"Proses Musrenbang di nagari merupakan kegiatan penting dalam menyusun perencanaan strategis daerah dengan menetapkan skala perioritas pembangunan dimulai dari pemerintahan terendah di nagari," katanya.

Ia menyebutkan hasil musrenbang nagari itu kemudian menjadi acuan dasar dalam menyusun rencana pembangunan Pemkab Tanah Datar ke depan.

"Setiap anggota Dewan akan menggiring hasil musrembang nagari tersebut ke tingkat kecamatan dan terakhir di tingkat kabupaten," katanya.

Sementara itu, Penjabat Wali Nagari Saruaso Herman Yahya mengharapkan melalui Musrenbang nagari ini dapat mewujudkan perencanaan pembangunan berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan yang mendesak untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kita akan prioritaskan pembangunan kantor walinagari karena saat ini masih menumpang dengan Kantor KAN, kemudian proses pemilihan wali nagari dan BPRN," katanya.

Ikut hadir pada Musrenbang Nagari Saruaso itu, Anggota DPRD Yuni Darlis, Syamsul Bahri, Jonnedi, Eri Hendri, dan Istiqlal, Sekretaris Badan Pelitbang Darfizal, Camat Abramis Yuzi, wali nagari, dan tokoh masyarakat setempat. (ik)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru