SEMARAKKAN MAULID NABI

FKIP Undhari Gelar Berbagai Lomba

Dewan juri dan panitia foto bersama para pemenang MSQ usai pembagian hadiah.

DHARMASRAYA (Metrans)

Mahasiswa Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) semakin giat melakukan kegiatan positif. Hal itu dibuktikan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Salah satu kegiatan positif yang dilakukan BEM ialah dengan menggelar berbagai lomba untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, dan Hari Ibu Nasional.

Lomba yang bertemakan “Maulid Nabi Muhammad Saw dan Hari Ibu Nasional” itu digelar selama tiga hari, mulai tanggal 20 hingga 22 Desember. Kegiatan yang diselenggarakan BEM ini juga dibantu oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Prodi (Himapro) selingkungan FKIP Undhari. Adapun lomba yang diikuti oleh pelajar SLTA se-Dharmasraya ini seperti  “English Speech Contest”, Musbaqah Syahril Quran (MSQ), dan Baca Puisi.


“Kegiatan seperti in akan rutin diselenggarakan di Undhari. Apalagi dalam rangka perayaan hari lahirnya proklamator umat Islam, yang menjadi uswatunhasanah bagi umat Islam,” papar Wakil Rektor Undhari, Amar Salahuddin, M.Pd. ketika membuka acara, Selasa (20/12) yang lalu.

Selain itu, Amar menambahkan kegiatan ini juga dalam rangka merayakan Hari Ibu Nasional. Ia berpendapat selama ini masih ada yang belum berani mengatakan rasa sayang kepada ibunya. Menurutnya kegiatan positif seperti ini sebagai momentum yang tepat untuk menyatakan cinta kepada seorang ibu.

“Bukan tidak mungkin, diantara kita mungkin tidak terbiasa masih mengatakan cinta kepada orangtuanya, salah satunya kepada ibu. Padahal seorang ibu sudah susah payah mengandung, dan membesarkan kita. Nah, lomba ini sebagai momen apresiasi kepada ibu kita. Baik dalam “English Speech Contest”, Musbaqah Syahril Quran (MSQ), maupun Baca Puisi,” paparnya.

(Baca juga: UKM Pramuka Universitas Dharmas Indonesia Gelar Persami)

Kemudian, Dekan FKIP Undhari, Moh. Rosyid Mahmudi, M.Si. menambahkan kegiatan ini juga sebagai ajang promosi program studi (Prodi). Hal itu karena menurutnya penyelanggara kegiatan ini merupakan Prodi baru di FKIP Undhari. Adapun Prodi baru yang dimaksud seperti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Penjaskesrek, dan PG-PAUD.

“Alhamdulillah, semua Prodi di FKIP Undhari ini sangat eksis. Mulai dari suksesnya lomba senam gemufamire tingkat SD, lomba mewarnai tingkat PAUD, dan sekarang kembali sukses mengadakan lomba  untuk Maulid Nabi dan Hari Ibu ini,” ungkapnya.

Sementara, M. Rizky Alga Putra, selaku Ketua BEM FKIP Undhari juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sebagai bentuk pengenalan Undhari kepada siswa, khususnya prodi di FKIP. Selain itu, menurutnya BEM FKIP selalu aktif mengadakan kegiatan hari-hari besar Islam, bahkan juga Hari Ibu.

“Hari-hari besar seperti ini, apalagi Maulid Nabi, sebagai momen yang harus kita isi dengan berbagai hal positif, sekaligus edukasi untuk siswa,” katanya.

Adapun pemenang lomba “English Speech Contest” diraih oleh SMAN 1 Sitiung sebagai juara I, SMAN 1 Pulau Punjung juara II, SMAN 1 Sitiung juara III, dan SMAN 1 Pulau Punjung  juara Favorit. Selanjutnya Lomba MSQ juara I diraih oleh MA Pembangunan  Pulau Punjung, juara II oleh SMA 1 Pulau Punjung, juara III oleh SMA 1 Dharmasraya, serta juara Favorit oleh SMA Unggul Dharmasraya. Sedangkan Lomba Baca Puisi, juara I diraih oleh SMAN 1 Pulau Punjung, juara II oleh SMA 1 Sungai Rumbai, juara III oleh SMAN 1 Pulau Punjung, dan juara Favorit oleh SMA Unggul Dharmasraya. (why)


Jangan Lewatkan