Forum Diskusi Politik Libatkan Parpol dan Tokoh Masyarakat

Sekdakab Solok Aswirman buka forum diskusi politik di ruang pelangi Arosuka.

AROSUKA (Metrans)

Minuman kopi memang bisa menghabiskan waktu berjam-jam sambil ngobrol di warung kopi. Obrolan di warung kopi bisa mulai dari persoalan sehari-hari, isu terhangat, bisnis, hingga perbincangan politik.Dari warung kopi bahkan bisa lahir keputusan-keputusan politik.

"Sekedar berbincang-bincang di warung kopi, di ruang perkuliahan, cafe-cafe dan hotel berbintang, hingga di situs jejaring sosial, semua berbicara politik, meskipun sebahagian orang mulai muak dengan politik, karena memang di era kebebasan saat ini, diskusi politik mengalir deras di warung-warung," tutur Sekdakab Solok Aswirman saat memberi arahan pada Forum Koordinasi Diskusi di Ruang Pelangi Arosuka, Kamis (6/4).


Turut hadir Wakil Ketua DPRD Septrismen, Kapolres Solok AKBP reh ngenana, Ketua KPU Solok Elwiza, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Aliber Mulyadi, Camat se- Kabupaten Solok, tokoh masyarakat Kabupaten Solok.

Dikatakan Aswirman, dalam situasi kondisi saat ini, kita memerlukan adanya pemahaman yang baik, komunikasi yang lancar dan harmonis, dari dan antara komponen. Membangun pola pikir, visi dan persepsi yang proporsional dalam menyikapi kondisi yang berkembang dewasa ini.

Melalui kegiatan forum koordinasi diskusi ini, LSM, Ormas, OKP dan partai politik dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi dalam menyalurkan aspirasi masyarakat. "Sekaligus pengatur atau penyeimbang permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat sehingga mampu menciptakan suasana yang kondusif di Kabupaten Solok," terangnya.

Sebelumnya ketua Pelaksana mengatakan, koordinasi forum diskusi ini dalam rangka menambah pengetahuan membangun rasa pengertian, toleransi dan kerjasama antara partai politik di daerah. Selain itu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat serta mewujudkan pemerintahan yang baik sesuai dengan demokrasi Pancasila. Kegiatan koordinasi forum diskusi politik ini merupakan kegiatan ke tiga dari rangkaian kegiatan dalam program 100 hari kerja kantor Kesbangpol. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka menyambut hari jadi kabupaten Solok yang ke -104.

Adapun peserta acara ini di ikuti sebanyak 100 orang dari tokoh masyarakat se- Kabupaten Solok dengan memghadirkan narasumber, Bupati Solok, Kapolres Solok, Ketua KPU kabupaten Solok. Dengan materi pemaparan serta penjabaran materi dan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab. (Yance Gaffar)


Jangan Lewatkan