Gawat! Bocah 13 Tahun di Padang Ditangkap karena Curi Motor

Pelaku saat berhasil diamankan warga sebelum diserahkan kepada pihak kepolisian.

PADANG (Metrans)

Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Koto Tangah menangkap seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di kawasan Bypass, tepatnya di depan Exsindo, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Minggu (19/1). Mirisnya, pelaku berinisial YW (13) itu masih di bawah umur.

Kapolsek Koto Tangah, Kompol Rico Fernanda membenarkan pihaknya telah menangkap seorang pelaku curanmor di bawah umur itu. Sebelum diserahkan kepada pihaknya, pelaku telah tertangkap tangan oleh warga setelah pelaku berhasil mencuri satu unit kendaraan bermotor Honda Blade di lokasi tersebut.


"Ya, kami telah menangkap seorang remaja atas dugaan pencurian kendaraan bermotor dan saat ini remaja tersebut berada di Mapolsek Koto Tangah untuk dilakukan pemrosesan lebih lanjut. Sebelumnya, pelaku diamankan oleh warga setelah pemilik kendaraan melihat motor miliknya yang dikendarai pelaku," kata dia, Senin (20/1).

Rico mengatakan, penangkapan berawal saat pelaku yang merupakan warga Jalan Denai, Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto, Kecamatan Koto tangah itu diberhentikan oleh seorang warga saat mengendarai sepeda motor yang ia curi. Warga itu merasa bahwa motor yang dikendarai oleh pelaku adalah motornya yang hilang beberapa saat lalu.

"Pemilik motor tersebut langsung memastikan bahwa sepeda motornya itu adalah jenis Honda Blade warna putih corak hitam tersebut adalah miliknya yang hilang beberapa waktu yang lalu," terangnya lagi.

Setelah mengecek kebenaran motor itu adalah miliknya, pemilik motor bersama warga langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Koto Tangah untuk mendapat tindakan dan pemrosesan lebih lanjut sesuai Undang-undang yang berlaku bagi anak di bawah umur.

"Beberapa saat kemudian, kami dari kepolisian dari Polsek Koto Tangah datang ke lokasi. Pelaku beserta barang bukti saat ini telah diamankan di Mapolsek Koto Tangah untuk proses pengembangan penyelidikannya," tandasnya.

Sementara diketahui, pada saat diberhentikan, beruntung pelaku tidak menjadi bulan-bulanan warga karena langsung diamankan oleh pihak kepolisian yang datang setelah mendapatkan informasi adanya pelaku curanmor yang diamankan warga. (Buliza Rahmat)


Jangan Lewatkan