oleh



Gedung Pusat Kerajinan Pemkab Mentawai Bakal Difungsikan Tahun Ini

20-08-2018

Mentawai, (Metrans)

Gedung pusat kerajinan atau Craft Centre Milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Mentawai bakal difungsikan tahun ini. Pasalnya, bangunan yang berlokasi di halaman Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Mentawai, Km 4, Kecamatan Sipora utara itu telah selesai dibangun.


Kepala Dinas Perindagkop Kepulauan Mentawai, Elisa Siriparang mengatakan, kepada wartawan baru-baru ini di ruang kerjanaya, bahwa pihaknya hanya tinggal menunggu Bupati untuk meresmikan gedung tersebut.

“Ini kan sudah siap, jadi sekarang kita tinggal menunggu pak Bupati untuk peresmiannya, fungsinya yaitu untuk menampung semua hasil kerajinan masyarakat Mentawai, baik dari Siberut, Sipora maupun Sikakap, semuanya dikumpulkan disini,”Ungkapnya.

Selaina kerajinan,pihaknya juga akan menampung hasil usaha home industri lainnya, misalnya keripik pisak dan ubi, serta makanan olahan kue – kue yang tahan lainnya.

Menurut Elisa, hasil kerajinan masyarakat Mentawai tidak nampak karena tersebar diseluruh pelosok Mentawai, kemudian untuk mengunjungi lokasi kerajinan tersebut sulit dijangkau karena kondisi geografis Mentawai yang sulit ditempuh.

“Kita kumpulkan semuanya, karena banyak pertanyaan – pertanyaan dari pejabat kita mengenai hasil kerajinan masyarakat ini, mereka kan jauh, kalau kita kesana tentu perlu biaya, jadi kalau disini dia, nampak jelas hasil kerja mereka, inilah yang kita bantu gitu”.Lanjutnya.

Selain itu, disebutkannya, jika ada tamu Pemda yang berkunjung ke Mentawai, khususnya Tuapeijat, akan diarahkan ke Crafft Centre unutk melihat hasil – hasil kerajinan masyarakat Mentawai, “mau merek beli terserah, harga nanti kita kasih terjangkau saja, takutnya kalau mahal tidak ada yang mau beli”. Ujar Elisa.

Sementara hasil kerajinan yang dikumpulkan nanti, akan didata oleh pihak terkait, untuk dititip di Crafft Centre sekaligus dijual. (can)


Editor :  Faisal Budiman

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru