oleh



Gempa Besar Ancam Sumbar, BNPB: Tetap Tenang dan Waspada

PADANG (Metrans)

Sumatera Barat berpotensi diancam gempa bumi besar di daerah perairan Mentawai. Kendati demikian, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) minta masyarakat tidak takut dan panik, namun harus meningkatkan kewaspadaan.

"Masyarakat Sumbar jangan takut dan panik. Ini potensi ancaman yang harus dihadapi dengan selalu meningkatkan kewaspadaan," kata Kepala BNPB Doni Monardo saat rapat mitigasi bencana di Padang, Rabu (6/2).


Menurut Doni, berdasarkan penelitian, Sumbar masih diancam gempa besar di daerah perairan Sumbar tepatnya di Mentawai. Dalam beberapa hari belakangan Sumbar diguncang gempa hingga puluhan kali.

"Ancaman itu tetap ada. Ada siklus tahunan, siklus 200 tahunan dan sebagainya. Potensi ancaman itu harus dihadapi. Caranya, jangan panik dan takut tapi harus tetap waspada," tegas dia. 

BNPB, kata dia, terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah terkait mitigasi bencana itu. Ia berharap masyarakat dapat memahami mitigasi sehingga ketika terjadi bencana bisa meminimalisir dampaknya.

"Kita terus melakukan koordinasi dan sosialisasi. Salah satu upaya yaitu meminta pemerintah daerah meningkatkan mitigasi bencana. Ancaman bencana bisa diminimalisir jika kita memahaminya," kata dia.

Sementara peneliti gempa, Danny Hilman yang ikut dalam acara sosialisasi itu mengakui potensi ancaman gempa besar di perairan Sumbar masih ada.

"Dalam beberapa hari belakang sudah ada 52 gempa yang berada di perairan Sumbar. Letaknya berdekatan di daerah lempeng Mentawai. Ini bisa memicu gempa besar," kata Danny.

Danny meminta masyarakat Sumbar jangan sampai lengah. Beberapa tahun lalu, kata dia, Sumbar juga diributkan dengan ancaman gempa besar tapi tidak terjadi 

"Setelah gempa 2009, Sumbar sempat diributkan akan terjadi gempa besar. Tapi setelah itu tidak terjadi. Masyarakat jangan lengah, tapi harus tetap waspada," kata dia. (pep)


Tag:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru