HMTG-ITP Gelar Seminar Nasional Pertanahan

Rektor dan Dekan FTSP foto bersama pemateri usai seminar nasional, Sabtu (21/10).

PADANG (Metrans)

Peduli dengan masalah pertanahan di Indonesia, Himpunan Mahasiswa Teknik Geodesi (HMTG) Institut Teknologi Padang (ITP) menggelar Seminar Nasional, di lantai 2 ITP, Sabtu (21/10) akhir pekan.

Seminar yang bertajuk "Menghadapi Problematika Pertanahan di Indonesia Melalui Reformasi Agraria" ini diikuti sekitar 200 orang peserta. Selain diikuti oleh mahasiswa geodesi ITP, juga diikuti mahasiswa geodesi dari berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia.


"Ini seminar mahasiswa geodesi dari HMTG-ITP perdana, sebagai rangkaian acara Ikatan Mahasiswa Geodesi Indonesia (IGMI), jadi banyak mahasiswa dari provinsi lain juga, seperti Unila, Itera, Itenas, Unwim, Undip, Unpad bahkan UGM," ujar Adli Dzil Iqram, selaku Ketua Pelaksana kegiatan tersebut.

Seminar Nasional ini, menghadirkan pemateri dari Dr. Catur Aries Rokhmana, M.T., Ketua Ikatan Surveyor Indonesia, Masrinedi Umar,M.Eng., serta  Pemerintah Kota Padang, Darmansyah dan Didi Aryadi, yang diikuti oleh Dekan, Ketua Jurusan, dosen, dan civitas akademika ITP.

Sementara Rektor ITP, Ir. Nofrianto, MT., menyampaikan sangat berterima kasih kepada HMTG-ITP karena telah mampu menggelar seminar tingkat nasional, tanpa membebani pihak ITP. Dengan diadakannya seminar ini, menurutnya HMTG-ITP sangat dewasa dalam membuat acara.

Ia berharap, seminar seperti ini menjadi program tahunan bagi seluruh himpunan mahasiswa selingkungan ITP. Demi mengapresiasi HMTG-ITP ini, seminar nasional di tahun 2018 mendatang harus 80 persen inisiatif dari mahasiswa, terutama mahasiswa teknik geodesi.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, meskipun HMTG ini anak bungsu di ITP, tapi sangat dewasa. Semoga ini bisa memotivasi himpunan mahasiswa yang lain, untuk aktif ditingkat nasional maupun internasional,” harapnya bangga.

Kemudian Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITP, Dr. Maidiawati, S,T.,M.Eng., turut menambahkan, bahwa pihak dosen mendorong penuh kegiatan mahasiswa yang positif seperti seminar nasional ini.

Ia berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya dengan berbagai program-program positif dari mahasiswa. Selain itu, ia menyarankan mahasiswa Jurusan Teknik Geodesi di seluruh Indonesia tetap solid.

“Semoga kegiatan ini sukses, dan bisa menambah ilmu pengetahuan yang lebih bermanfaat, terutama tentang pertanahan sesuai tema yang digelar ini,” ujarnya. (why)
 


Jangan Lewatkan