PERINGATI HUT PMI KE 72

Irwandi Apresiasi Kegiatan PMI Kota Bukittinggi

Kegiatan jalan sehat berhadiah dalam rangka peringatan hut PMI ke 72 di kota Bukittinggi

BUKITTINGGI (Metrans)

Wakil Walikota Bukittinggi, H.Irwandi mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan PMI Kota Bukittinggi, yangh dinilai tidak hanya bersifat kebencanaan tetapi juga bersifat sosial lainnya, seperti kegiatan–kegiatan sosial yang dilakukan PMI Kota Bukittinggi

“Dimanapun ada bencana, pemerintah daerah selalu bersama–sama dengan pengurus maupun sukarelawan PMI,” ujar Irwandi sebelum melepas kegiatan jalan sehat berhadiah yang digelar PMI Kota Bukittinggi dalam merayakan HUT PMI Ke 72 di lapangan Wirabraja, Minggu (17/9).


Irwandi juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kota yang telah menjadi sukarelawan dan mendonorkan darahnya untuk kepentingan kemanusiaan. “Setetes darah sangat berharga bagi nyawa orang lain,” tuturnya dan sekaligus juga mengajak kepada seluruh masyarakat yang belum menjadi pendonor untuk ikut mendonorkan darahnya demi keluarga dan masyarakat Kota Bukittinggi.

Sedangkan Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas didampingi Kepala Markas Ahmad Jais menjelaskan, telah 72 Tahun Palang Merah Indonesia (PMI) bersama masyarakat "Sabiduak, Sadayuang" dalam kegiatan sosial membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Usia PMI ini hampir bersamaan dengan Kemerdekaan Republik Indonesia, hanya jarak waktu selama sebulan setelah peringatan HUT Kemerdekaan yang jatuh setiap 17 Agustus. Kelahiran PMI diperingati setiap tanggal 17 September sejak tahun 1945 silam.

Chairunnas menjelaskan, bahwa PMI itu selalu ada dan siaga dalam kegiatan sosial kema­nu­siaan, kami siap bantu perto­longan perta­ma. Karena, PMI itu lahir bukan hanya sebagai penerima donor darah, akan tetapi juga hadir untuk sosial kemasyara­katan.

Ia menambahkan keterangannya, kepengurusan yang baru kini, kami melakukan manuver demi kemanusiaan, karena PMI bertugas dalam bidang kemanusiaan, “Kami Siap Bantu Pertolongan Pertama”, Program itulah yang terus dikembangkan dan ditingkatkan pengurus PMI kota Bukittinggi.

Setiap kegiatan yang diadakan Pemerintah Kota Bukittinggi dalam bentuk keramaian, personil kami lengkap dengan tenaga medis siap turun langsung membantu. Personil yang tergabung dalam kepengurusan PMI kota Bukittinggi, lanjut Chairulnnas, kami pilih yang benar-benar ingin bekerja secara sukarela dengan niat kemanusiaan.

“Prinsip kami di PMI kota Bukittinggi adalah berwaqaf tenaga, bersedekah waktu dan berinfaq uang. Ini semua merupakan amal ibadah dunia akhirat,” jelas Chairunnas.

PMI Kota Bukittinggi yang mempunyai Standard Operational Procedure (SOP) dalam melakukan tindakan pekerjaan, seperti terjadi kejadian musibah bencana kebakaran atau musibah alam, personil ikut terlibat langsung menolong dan membantu di tempat kejadian, lengkap dengan mobil PMI kota Bukittinggi yang membawa personil serta mobil ambulan dengan perlengkapannya, kami mengutamakan keselamatan jiwa manusia dari musibah tersebut. (win)


Jangan Lewatkan