oleh



Jalan Talu-Lubuk Sikaping Diperbaiki Tahun 2017

SIMPANG EMPAT (Metrans)

Pemprov Sumbar segera memperbaiki jalan penghubung Pasaman Barat dengan Pasaman, yakni dari Talu Kabupaten Pasaman Barat ke Lubuk Sikaping di Kabupaten Pasaman tahun 2017 ini.

Kasi Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sumbar, Yunita menjawab Metrans di Simpang Empat, Pasaman Barat, Rabu (1/2), membenarkan sekaligus mengungkapkan jika jalan provinsi tersebut sering longsor saat hujan deras dan kondisinyapun buruk.


"Untuk perbaikan jalan itu anggarannya kita alokasikan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp7,5 miliar dan dari APBD Provinsi Sumbar sebesar Rp 4,5 miliar," ungkapnya.

Namun, menurut dia, pelebaran jalan yang menghubungkan dua kabupaten itu masih terkendala akses jembatan yang rusak di Aia Angek Talu, dan jembatan tersebut merupakan aset Kabupaten Pasaman Barat. Jika jembatan tersebut sudah diperbaiki maka pembangunan jalan akan bisa dilanjutkan.

"Kita berikan waktu perbaikan akses jalan lintas provinsi yang masih terhalang di jembatan Aia Angek Talu kepada Pemkab Pasaman Barat sampai bulan Maret mendatang," kata dia.

Ia menyebutkan pada bulan Maret tersebut proyek akan segera di mulai dan sekarang sudah mulai proses tender.

Jika Pemkab Pasaman Barat tidak bisa menyelesaikan kendala, maka anggaran yang telah ditetapkan itu dialihkan kepada daerah lain.

"Anggaran itu sudah ada, sayangkan jika dialihkan ke daerah lain. Makanya kita minta dukungan Pemkab Pasaman Barat dan masyarakat agar akses jalan itu kita perbaiki," ujarnya.

Kemudian, yang akan beruntung dalam perbaikan jalan tersebut tidak lain tidak bukan masyarakat Pasaman dan Pasaman Barat juga.

Panjang jalan provinsi yang menghubungkan dua kabupaten tersebut mencapai 28 kilometer.

Berdasarkan anggaran yang tersedia dari DAK dan APBD Provinsi Sumbar akses jalan akan diperbaiki sepanjang dua kilometer dengan pelebaran jalan diperkirakan 12 meter dan ketebalan aspal 6,3 cm.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, Syahiran melalui Dinas PU dan Tata Ruang Pasaman Barat, Rafaan menjamin apa yang menjadi kendala tersebut bisa diatasi.

Hal ini dijamin dengan alokasi dana yang telah disediakan mencapai Rp120 juta dari APBD Pasaman Barat.

"Kita akan usahakan jembatan itu bisa diperbaiki. Sebab, tanpa perbaikan jembatan itu pembangunan jalan belum bisa dilajutkan," ujarnya. (alt)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru