TDS 2018 DIMULAI

Jamalidin Juara Etape I, Enam Pebalap Terjatuh Jelang Finish

Folam Reza asal Iran, mengalami cedera berat di sekujur tubuh saat terjadi insiden kecelakaan sekitar 170 meter jelang garis finish.

SIJUNJUNG (Metrans)
Pebalap Indonesia, Jamalidin Novardianto, menjadi juara etape pembuka Tour de Singkarak (TdS) 2018, Minggu (4/11). Pada balapan yang menempuh rute Bukittinggi-Sijunjung sejauh 140,5 kilometer ini, pebalap dari tim PGN Indonesia tersebut mencatatkan waktu 3 jam, 25 menit dan 14 detik. Juara kedua diraih pebalap asal Malaysia, Abdul Halil Muhamnad Izzat Ilmi, dari Team Saputra Cycling, dengan catatan waktu 4 detik lebih lambat dari Jamalidin. Sementara posisi ketiga menjadi milik pebalap Korea, Park Sang Hong, yang tampil membela LX Cycling Team, dengan catatan 3:25:20.

Etape pembuka yang diikuti 194 pebalap, sebanyak 26 tim dari 20 negara ini, sempat terjadi insiden kecelakaan sekitar 170 meter jelang garis finish. Yakni tepatnya di depan Gerbang Hotel Bukit Gadang dan Kantor Bupati Sujunjung. Rombongan besar pebalap mendadak terlibat insiden akibat medan yang dilewati terdapat tikungan tajam dan kerusakan berupa retakan, rengkahan dan jalan terban.

Dari enam pebalap yang terjatuh, dua pebalap, yakni Abdul Gani dari Indonesia dan Folam Reza asal Iran, mengalami cedera berat di sekujur tubuh. Keduanya langsung dilarikan ke RSUD Sijunjung untuk mendapatkan perawatan intensif. Sedangkan empat pebalap lainnya ditangani tim medis panitia, serta medical team.


Kesuksesan menjuarai etape pembuka ini dilengkapi Jamalidin dengan meraih status juara kategori sprinter atau pebalap tercepat. Sehingga, pebalap asal Kota Malang, Jawa Timur tersebut berhak menyandang tiga jersey sekaligus. Yakni yellow jersey (pimpinan klasemen kategori umum), red and white jersey (pimpinan klasemen pebalap Indonesia) dan green jersey (pimpinan klasemen sprinter).

Untuk kategori king of mountain (Kom) alias raja tanjakan, Rezvani Gilkolaei asal Iran menjadi yang terbaik dan berhak mengenakan polkadot jersey.

"Alhamdulilah dalam momentum TdS 2018 kali warga masyarakat terlihat antusias menyaksikan acara, terutama di seputaran tribun utama lokasi garis finish," ujar Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dalam sambutannya.

Yuswir mengharapkan TdS lebih dari sekadar iven, melainkan juga berdampak langsung terhadap ajang promosi daerah. Hingga segala potensi yang ada mampu terangkat, kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik lagi. Penyerahan hadiah dilakukan, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Kapolres Sijunjung AKBP Haji Imran Amir, Wabup Arrival Boy, Ketua DPRD Yusdarti, Dandim, Kejari dan juga dihadiri Sekdakab Zefnihan dan para pimpinan OPD. 

"Disini banyak potensi yang bernilai jual, namun selama ini belumlah banyak dikenal orang luar. Kepada kementerian terkait, Pemprov Sumbar, diharapkan perhatiannya melalui berbagai program," jelas Bupati, yang selanjutnya diikuti prosesi penyerahan hadiah pada para pemenang Etape I TdS 2018.

Etape I (perdana) Bukittinggi-Sijunjung merupakan etape strategis, yang menjadi surga bagi pebalap jalan raya. Sepanjang etape, para pebalap disungguhkan dengan keindahan alam yang asri, indah, mempesona.

Setelah start dari Lapangan Kantin Bukittinggi segenap peserta melintasi Panorama, lanjut ke Pasar Banto (loop 1X) -Jalan Raya Bukittinggi Payakumbuh - Baso - Batusangkar - Istano Pagaruyuang - Saruaso - Sitangkai - Tanjung Ampalu- Gambok- Muaro Tobi - Tanah Badantuang - Lintas Sumatera - Perkampungan adat- dan finish Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

Di Kabupaten Sijunjung, terdapat daerah lintasan favorit, yakni kawasan Perkampungan Adat Sijunjung, Jorong Padang Ranah, Nagari Sijunjung. Dimana perkampungan ini di sepanjang kiri kanan jalan berjejer puluhan unit rumah adat tradisional yang disebut Rumah Gadang, dan semuanya merupakan peninggalan/warisan para leluhur.

Hari ini, Etape 2 TdS 2018 akan menempuh rute dengan kondisi datar dari Kota Sawahlunto menuju Kabupaten Dharmasraya, dengan jarak 204,1 kilometer. Rute yang akan ditempuh, Start Lapangan Segi Tiga-Pasar Sawahlunto - Simpang Muaro Kalaban - jalan Lintas Sumatera - Pulau Punjung - Sei Rumbai - Simpang Sikabau - Finish Kantor Bupati Dharmasraya. 

Hasil Lengkap Etape 1 TdS 2018: Best General Individual (Yellow Jersey): Jamalidin Novardianto, Best Indonesian Rider (red and white jersey): Jamalidin Novardianto, King of Mountain (Polkadot jersey): Rezvani Gilkolaei,  Sprinter (Green Jersey): Jamalidin Novardianto. (rzl)


Jangan Lewatkan