PEMKAB PESSEL DIMINTA PERHATIANNYA

Jembatan Gantung Ambruk, Kampung Sungai Tanuk Kini Terisolir

Jembatan gantung yang menghubungkan Kampung Sungai Tanuk dengan Kampung Rantal yang ambruk

PAINAN (Metrans)
Masyarakat Kampung Sungai Tanuk, Kenagarian Baruang-Baruang Belantai Tengah, Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terisolir akibat jembatan gantung yang menghubungkan daerah itu dengan Kampung Rantal  roboh.
  
Jembatan gantung yang dibangun pada tahun 1992 dengan panjang lebih kurang 100 meter itu, ambruk dan hanya tinggal bingkai akibat meluapnya Batang Air Tarusan pada Rabu (20/9).
  
"Jembatan ini merupakan satu-satunya akses jalan yang dilalui oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan juga anak sekolah. Semenjak jembatan ini roboh masyarakat di sini yang menggunakan kendraan roda dua harus menempuh jarak sepanjang 6 km dengan mengelilingi nagari untuk bisa keluar," ucap Walinagari Baruang-baruang Balantai Tengah, Aidil Usman, Kamis (21/9) kepada Metrans.
   
Dia mengatakan, robohnya jembatan gantung Sungai Tanuk itu membuat masyarakat tersebut lebih kurang 300 Kepala Keluarga (KK) jadi terisolir.
  
"Karena jembatan tersebut sudah rusak, masyarakat setempat saat ini berinisiatif dengan menggunakan sampan (perahu) untuk menyebrangi sungai yang mengeluarkan biaya tambahan untuk tranportasi oleh masyarakat itu sendiri," kata dia.
  
Lebih lanjut dikatakanya, jembatan gantung ini merupakan satu-satunya jalan yang ditempuh oleh masyarakat setempat untuk melakukan usaha tani. Sebab saat ini ladang yang produktif di daerah tersebut lebih kurang 142 hektar, diantaranya ladang gambir, durian, petai, jengkol dan lainnya.
  
"Semenjak jembatan ini roboh, belum ada dari pihak pemkab atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang mengunjungi lokasi ini," ujarnya.
  
Ia berharap kepada pemerintah daerah agar secepatnya jembatan itu dibangun kembali yang bisa dimanfaatkan sehingga masyarakat tersebut tidak kewalahan dalam melakukan segala aktifitasnya. (mil)


Jangan Lewatkan