Jumat Sore, PSP dan Semen Padang U-19 Gelar Ujicoba

Joni : Sarana Tepat untuk Evaluasi Latihan

Skuad PSP (foto:robbi/psp)

PADANG (Metrans)
Selama ini, PSP Padang belum bisa maksimal melakukan evaluasi latihan, karena tidak adanya lawan sepadan yang didapat tim berjuluk Pandeka Minang ini. Makanya, Jumat (5/5) di Stadion Agus Salim, bakal bisa menjadi sarana yang tepat untuk evaluasi latihan bagi PSP.

Soalnya, Pandeka Minang akan menggelar ujicoba dengan tim sepadan yakni Semen Padang U-19. "Ya, kita sangat terbantu dengan bersedianya Semen Padang U-19 untuk berujicoba. Soalnya, sejak menggelar program ujicoba kita tidak pernah mendapat lawan sepadan," ujar pelatih kepaal PSP, Joni Efendi, Kamis (4/5).

Katanya, ujicoba dengan Semen Padang U-19 ini, tim pelatih bisa melihat bagaimana sistem pertahanan dan cara membongkar pertahanan lawan untuk menciptakan gol. Soalnya, Semen Padang tentu akan memberi perlawanan, karena kualitas dan usia pemain hampir sama.


"Kita yakin bakal terbantu dengan ujicoba ini. Tujuan kita adalah bagaimana proses latihan yang kita terapkan bisa berjalan dalam ujicoba ini," terang Joni.
Sama dengan sebelumnya, kata Joni, ujicoba ini bukan mencari menang dan kalah, Tapi tujuan utama bagaimana hasil latihan bisa diterapkan dalam games ini. "Ujicoba ini murni untuk melihat kemampuan para pemain menyerap program yang kita berikan saat latihan. Kalau proses latihan ini berjalan, tentu dengan sendirinya permainan bisa dikuasai dan memenangkan pertandingan," terang Joni.

Dalam ujicoba ini, jelas Joni, tim pelatih akan menurunkan kekuatan terbaik, termasuk menurunkan lima pemain senior. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kondisi dan mengukur kekuatan tim. "Regulasi Liga III mengharuskan kita memakai lima pemain senior kelahiran 1987. Ini akan kita coba dalam ujicoba ini," tegasnya.

"Kita berharap dengan ujicoba ini kedua tim sama terbantu. Minimal bisa mengambil manfaat dari games ini," tambah Joni.
 
Sama dengan PSP, Semen Padang U-19 juga tidak akan mencari menang dan kalah dalam ujicoba nanti. Tujuannya juga sama bagimana pemain bisa menerapkan pprogram latihan di permainan. 

"Semua pelatih mukin sama. Tujuan utama ujicoba ini adalah melihat perkembangan para pemain dan evaluasi latihan. Soalnya, tanpa evaluasi tentu kita tidak bisa mengukur kemampuan para pemain," terang pelatih kepala Semen Padang U-19, Weliansyah.

Bila ujicoba ini terlaksana, katanya, Kabau Sirah Mudo-julukan Semen Padang U-19 juga akan menurunkan skuad terbaik. Hal ini dilakukan untuk melihat kekompakan pemain utama yang selama ini jarang teruji. 

"Kita baru melaksanakan games internal, hasilnya belum banyak kita lihat. Mudah-mudahan ujicoba dengan PSP ini bisa terlihat," terangnya. (can)  


Jangan Lewatkan