oleh

DIHELAT FLIPPERS PADANG PANJANG

JSF-5, Menumpahkan Rindu Perantau Bernostalgia

PADANG PANJANG (Metrans)

Banyak cara mengimbau orang rantau pulang kampung melihat tanah kelahirannya. Organisasi sosial, Flippers Organization di Padang Panjang sudah lima tahun punya cara melebur kerinduan perantau Padang Panjang untuk mudik ke Serambi Mekah itu dengan cara Jalan Sehat.

“Jalan Sehat adalah olahraga paling ringan, paling murah, paling mudah dan paling meriah. Kita memilihnya untuk menjadi alat pemersatu masyarakat rantau dan kampung halaman,” kata Nasrul Naga, Ketua Flippers Organization.


Flippers sendiri adalah bermula dari kumpulan gank anak muda yang bermarkas di Radio Bahana Padang Panjang pada 35 tahun yang silam. Hingga kini mereka masih tetap berhimpun, meskipun sudah tidak muda lagi.

Dalam kurun waklu lima tahun ini sudah empat kali mereka melaksanakan apa yang disebut Jalan Sehat Flippers (JSF). “Tahun ini memasuki tahun kelima JSF kami selenggarakan, alhamdulillah benar-benar telah menjadi ajang pemersatu rantau dan kampung halaman,” kata Nasrul Naga.

JSF tahun ini akan berlangsung bersama-sama dengan kegiatan beberapa kumpulan perantau dan alumni sekolah sejak 12 Mei dan puncaknya pada 14 Mei 2017.

Khusus JSF-5 yang diperkirakan diikuti puluhan ribu orang (berdasarkan angka tahun lalu 22 ribu peserta memadati jalanan kota Padang Panjang sebagai peserta JSF-4) yang pendaftarannya sudah dibuka sejak pekan lalu. Para peserta akan berjalan bersama-sama mengitari kota tersebut mulai pukul 07.00 WIB pagi.

“Tahun ini doorprize nya lebih banyak bahkan ada sepedamotor. Kita berharap Pak Gubernur berkenan melepas bendera start dan sekaligus kita berharap Pak Gubernur berkenan pula tampil pada sessi drumming menaabuh drum di pentas saat pengumuman pemenang,” kata Ketua Panitia Pelaksana, Rinto Alfian DN.

Ia menambahkan, bahwa selain hadiah berupa materi, para peserta juga akan beroleh hadiah perjalanan umrah yang disediakan oleh Walikota Padang Panjang, Hendri Arnis.

Ia mengatakan, tahun ini dalam rangkaian JSF-5 ini juga ada festival kuliner saisuak dimana peserta dan pengunjung akan dapat mencicipi berbagai kuliner tradisional tempoe doeloe yang sudah jarang tersua saat ini. “Ini bagian dari cara kita membuat JSF juga sebagai iven wisata. Mudah-mudahan dunsanak-dunsanak dari berbagai daerah di Sumbar bisa datang menikmati sejuknya udara Padang Panjang,” kata Rinto.

Sementara itu, mantan Ketua Umum Flippers, Dedy Demona mengatakan JSF yang tadinya hanya kegiatan Flippers semata, kini menjadi kegiatan milik Padang Panjang. Bahkan beberapa kumpulan alumni seperti ‘Konco Lamo’, Alumni 7680, alumni SMP, Alumni SMA, IMPP (Ikatan Masyarakat Padang Panjang di Jakarta)  dan MP3S (Masyarakat Peduli Padang Panjang Sekitarnya di Padang) akan turut serta memeriahkan kegiatan JSF ini. Pada 12 Mei akan dilaksanakan acara Kim Akbar dengan hadiah utama sepeda motor.

“Kita berterimakasih kepada para perantau yang sudah bersepakat pulang basamo sebelum puasa ini dan masyarakat Padang Panjang sendiri yang turut serta memeriahkannya,” kata Dedy. (eko)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru