oleh

DISAKSIKAN FORKOPIMDA

Kajari Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana di Painan

PAINAN (Metrans)
Kejaksaan Negeri Painan, melaksanakan pemusnahan barang bukti yang telah berkekuatan hukum tetap, Rabu (1/3) di halaman kantor tersebut, di Painan, Kabupaten  Pesisir Selatan, Sumatera Barat, sekitar pukul 10.00 WIB.

Barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 19 perkara yakni narkotika jenis ganja kering seberat 530,951 Gram pada 7 perkara dan narkotika jenis sabu-sabu pada 12 perkara.

Kepala Kejaksaan Negeri Painan, Yeni Puspita mengatakan kasus pelanggaran narkoba di Pesisir Selatan dari tahun ke tahun semakin meningkat.


"Di tahun 2016 terdapat 19 perkara, sementara hingga akhir Februari 2017 sudah 12 perkara," kata dia.

Lebih lanjut dikatakan, khusus untuk tahun 2017 ini, 4 dari 12 perkara telah dilimpahkan ke kejasaan. Sementara 8 perkara masih ditangan kepolisian.

"8 perkara ini masih tahap penyelidikan, kita masih menunggu dilimpahkan," sebutnya.

Ia mengatakan, barang bukti yang dimusnakan sudah melalui tahapan-tahapan dari proses hukum yang ada. Barang bukti dimusnakan sudah selesai dari tahapan persidangan.

"Semua barang bukti  ini adalah hasil yang telah diputuskan oleh pengadilan. Jadi ini adalah tuntutan undang-undang untuk dimusnakan," jelasnya.

Meningkatnya jumlah penguna narkoba,perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. Sebab, bahaya narkoba sudah merajalela dan merusak generasi.

"Ini bahaya, perlu diantisipasi. Kita mesti proaktif. Jangan biarkan masyarakat, generasi rusak oleh barang haram tersebut," ujarnya.

Sementara di saat yang sama Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan, pemerintah kabupaten siap bekerjasama dengan semua pihak dalam memerangi narkoba. 

"Perlu koordinasi intens, siapa yang terindikasi lansung ditindak. Ini kita serahkan kepada pihak yang berwenang," ungkap bupati yang ikut melakukan pemusnahan barang haram tersebut. (mil)


Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru