oleh



Kawa Daun Tanah Datar Pecahkan Rekor MURI

 

BATUSANGKAR (Metrans)

Untuk kedua kalinya pemerintah Kabupaten Tanah Datar menerima piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI) diajang Festival Pesona Budaya Minangkabau. Jika sebelumnya rekor  tersebut diraih pada item arakan jamba terbanyak,  namun kali ini rekor MURI berasal dari item minum kopi kawa daun terbanyak. Minum kopi kawa dengan menggunakan cangkir tempurung juga dinyatakan sebagai pemegang rekor dunia terbanyak versi Museum Rekor Indonesia (MURI).


Piagam diserahkan lansung oleh perwakilan MURI ke Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di dalam Istano Basa Pagaruyung. Bupati Tanah datar mengatakan, kawa daun adalah minuman spesifik dari kabupaten Tanah Datar. Minuman ini juga telah menjadi minuman tradisi anak anak nagari, baik pada saat panen padi, kenduri maupun dalam kegiatan lainnya.

“Jika piagam yang diterima hendaknya dapat membawa minuman kawa daun dikenal oleh masyarakat luas dan kawa daun minuman khas tanah datar dan rasanya enak sekali,” ucap Irdinansyah.

Tidak menutup kemungkinan, pada kegiatan ditahun mendatang pemerintah Tanah Datar juga akan menampilkan berbagai kegiatan tradisional lainnya, untuk memecahkan rekor baru. 

Pada festival Pesona Budaya MInangkabau 2018, pemerintah Tanah Datar menyediakan sebanyak 4000 kopi kawa daun yang lansung diseduh dengan menggunakan wadah tempurung oleh pengunjung pada pembukaan acara tersebut. 

Dari pantauan Metrans, Kopi kawa daun disediakan disebuah tenda tempat makan bajamba seluruh tamu yang hadir.  Usai pembukaan acara atau sebelum makan bajamba, seluruh tamu terlebih dahulu mencicipi minuman khas masyarakat Tanah Datar itu. (eri)


Editor :  Febriansyah Fahlevi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru