DIGELAR DINAS PERTANIAN HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN SUMBAR

Keltan Saiyo Nagari Kajai Pasbar Terbaik Festival Kopi

Wakil Kelompok Tani Saiyo Kajai Pasaman Barat,  Hendi (tengah) saat menerima piagam terbaik festival kopi dengan produk Kopi Arabika.

SIMPANG EMPAT, (Metrans) 

Kelompok Tani Saiyo Nagari Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) meraih juara satu terbaik pada festival kopi  yang diadakan oleh Dinas Pertanian Hortikutura dan Perkebunan Sumbar di Padang.
     
"Benar, kita berhasil meraih juara pertama tingkat Sumbar dengan produk kopi arabika," kata Wakil Kelompok Tani Saiyo Kajai Pasaman Barat,  Hendi didampingi wakil Sekretaris Gusman Ari Sandi di Simpang Empat, Kamis (3/8).
     
Ia mengatakan prestasi ini berkat bantuan dan dorongan dari semua pihak terutama dari Pemkab Pasaman Barat melalui Dinas Perkebunan.
     
Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Kepa Dinas Perkebunan, Alfitri Noven mengatakan prestasi ini merupakan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama Pasaman Barat.
     
"Terima kasih kita ucapkan kepada pengurus dan anggota Keltan Saiyo Nagari Kajai, yang sudah berhasil meraih peringkat I terbaik Sumbar Kopi Arabika. Hal ini bisa dijadikan penyemangat bagi kelompok-kelompok lainya," katanya.
     
Ia menjelaskan data sementara luas tanam kopi arabika di Pasaman Barat sleuas 200 hektare yang sudah mulai panen dan akan kita kembangkan sekitar 400 hektare lagi.
      
"Mengingat dataran tinggi yang ada di Pasaman Barat sangat cocok sekali kita jadikan sentral kopi arabika yakni pada Kecamatan Talamau," ujarnya.
     
Sementara itu, Ketua Tim Juri Festival Kopi Minang, Aris Susandi mengatakan, penilaian sudah sesuai dengan standar yang berlaku.
     
"Kita dalam menentukan penilaian dan menentukan siapa pemenang. Sangatlah independen dan hasil pemenang yang kita tetapkan itu adalah itu yang terbaik. Maka dari enam kabupaten kota yang mengikuti ajang ini, kopi arabika Keltan Saiyo Nagari Kajai Pasaman Baray yang terbaik," katanya.
     
Ia melanjutkan, dalam penilaian  yang dibantu oleh dua temannya yakni Q Grader dan Juara Barista Indonesia.
      
Acara yang di buka dan dihadiri pleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, dnas kabupaten/ kota se- Sumbar, praktisi pecinta kopi, pemerhati kopi, akademisi dan pengusaha kopi.(sta)


Jangan Lewatkan