oleh



Kesiapan Hadapi Revolusi Industri 4.0, Diskominfo Sijunjung Sosialisasikan Domain dan Website Nagari

SIJUNJUNG (Metrans)

Menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung menyosialisasikan domain dan website nagari di Operation Room Kantor Bupati Sijunjung, Rabu (18/9).

Sosialisasi yang turut dihadiri PT. ICON+ sekaligus menjadi narasumber pada acara itu guna membekali para wali nagari dan pengelola website nagari dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengerti dengan dunia teknologi di era Revolusi Industri 4.0.


Kepala Diskominfo Kabupaten Sijunjung, Rizal Efendi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan itu bermaksud mempercepat penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Di era Revolusi Industri 4.0 ini, di zaman teknologi dan informasi yang berkembang sangat cepat, maka dari itu Pemerintah Kabupaten Sijunjung memandang perlu adanya sistem informasi di nagari," ungkapnya.

Untuk itu, kata Rizal, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari bersama-sama membangun sistem informasi untuk nagari berbasis website.

"Melalui sosialiasi ini saya mengingatkan, agar kita semua mampu dan mengerti secara teknis mengenai domain dan website serta mengerti perlu adanya media informasi nagari, transaparansi nagari serta media anti hoax," tegasnya.

Sementara Ketua Pelaksana, Yulwaren menambahkan, tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan tersebut yakni tersedianya pimpinan dan pengelola website dalam Kabupaten Sijunjung yang memahami fungsi domain dan website nagari.

"Meningkatnya pemahaman pimpinan dan pengelola website di nagari terhadap perlunya website sebagai sarana informasi, berita kegiatan di nagari, pelaporan serta anti hoax serta terlaksananya penyelenggaraan pemerintah nagari berbasis elektronik (e-goverment)," ungkap Yulwaren yang juga Kepala Bidang MDSI itu.

Pada kesempatan itu Oni Fajar Syahdi dan Yeniarti dari Diskominfo Provinsi Sumbar, Akral dari Dinas Pemberdayaan Desa Sumbar, serta Rijal Islami dan  Mizel Putra dari Indonesia Comnet Plus (Icon+) bertindak selaku narasumber.

Terpisah, Account Manager ICON+ SBU Pekanbaru, Yull Hartono menyatakan, pihaknya akan mensolusikan integrasi data satu pintu dari Diskominfo Kabupaten Sijunjung ke seluruh OPD hingga ke Nagari-nagari yang ada di Sijunjung, sehingga Kabupaten Sijunjung terintegrasi data pada tahun 2020 dapat terwujud. (*/Hendra)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru