oleh

SENATOR HERMAN DARNEL IBRAHIM

Kita Disatukan oleh Pancasila

PADANG (Metrans)

Ada banyak calon legislatif dan partai, lalu ditambah pula dengan calon Presiden dan Wakil Presiden. Dan itu semua memungkinkan rakyat untuk saling berbeda pilihannya.

"Tapi apakah untuk semua itu kita harus berpecah belah? Mesti ada satu hal yang membuat kita bersatu. Maka di situlah pentingnya Pancasila," kata anggota MPR RI, Dr. H. Herman Darnel Ibrahim di hadapan keluarga besar KNPI Sumatera Barat di gedung Pemuda komplek GOR H Agus Salim Padang siang tadi (15/3).


HDI --begitu mantan Direktur PLN itu disapa-- mengatakan hal itu ketika memberi ceramah dalam rangka sosialisasi Empat Pilr Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang menjadi salah satu program MPR RI.

Senator (anggota DPD RI) dari Sumatera Barat tersebut mengatakan pentingnya alat pemersatu karena sebuah negara akan menjadi kuat apabila bangsanya bersatu. "Tidak perlu terpecah belah oleh kepentingan yang lebih kecil," kata HDI.

Dia mengatakan bahwa Pancasila menjadi salah satu dari empat pilar berbangsa dan bernegara yang menyatukan bangsa ini sebagai landasan moral dan karakter. Tiga pilar yang lain adalah

UUD 1945 sebagai landasan hukum dan konstitusional, NKRI sebagai landasan pembangunan dan kemajuan, serta  Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan kekuatan kedaulatan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh MPR RI bekerjasama dengan DPD KNPI Provinsi Sumatera Barat diikuti oleh sekitar 130 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota.

Selain HDI, narasumber yang lain adalah Marta Suhendra Sekjen KNPI dan Nirkhalis Ketua Pemuda Tani GEMPITA.

Berbagai pertanyaan diajukan oleh peserta antara lain apa hubungan antara program ini dengan program yang juga dilakukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)? Baik HDI maupun Martha Suhendra mengatakan bahwa pada dasarnya maksudnya sama yakni menyosialisasikan tentang Pancasila.

"Yang terpenting pada saat ini bagaimana kita dapat menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara ini dengan mengedepankan hal-hal yang dapat membuat kita bersatu yaitu Pancasila itu tadi bersama tiga pilar yang lain," kata Herman Darnel Ibrahim. (eko)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru