oleh



Komisi Informasi Sumbar Serahkan Buka! Award untuk Mendagri

JAKARTA (Metrans)
Jajaran Kemendagri khususnya jajaran Pengelolaan Informasi - Pusat Penerangan, mendapat surprise dan tidak menyangka mendapatkan Buka! Award 2018 dari Komisi Informasi Sumbar.

"Waduh ini surprise tidak menyangka Komisi Informasi Sumbar mampu melihat dan tracking kerja keterbukaan informasi publik di Kemendagri RI," ujar Kabid Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Dr Handayani Ningrum, SE,M.Si saat menerima Buka! Award untuk Mendagri RI Tjahjo Kumolo yang diantar langsung Komisi Informasi (KI) Sumbar, Kamis (20/12) ke kantor Kemendagri

Ningrum mengakui seharusnya Mendagri langsung yang akan  menerima tanda penghargaan ini tapi karena kegiatan dan jadwal Kementerian yang padat.


"Sesuai jadwal menteri saat ini berada di NTT, maka atas izin  Kapuspen Dr.Drs.Bahtiar,M.Si saya diminta untuk menerima apresiasi Buka! Award dari KI Sumbar," ujar Ningrum.

Penyerahan Buka! Award dilakukan Ketua KI Sumbar Syamsu Rizal dan Wakil Ketua Arfitriati dan komisioner Sondri, Adrian dan Yurnaldi.

Menurut Adrian, pemberian Buka! Award telah melewati penilaian KI Sumbar, pertama apresiasi juga untuk Kemendagri yang sudah berhasil membina baik PPID Komponen Kemendagri maupun mendorong  pembentukan PPID se Indonesia, sudah semua provinsi atau 34 Provinsi sudah membentuk PPID, dan dari 514 Kabupaten/Kota sudah ada 456 Kabupaten/Kota yang telah ada SK PPID atas dukungan, dorongan dan binwas dari Kemendagri. Pada tanggal 5 November 2018 Kemendagri berhasil mendapat penghargaan dari KI Pusat.

"Selain itu dengan lahirnya Permendagri  No.3 tahun 2017 tentang pengelolaan informasi dan dokumentasi di Kemendagri dan Pemerintahan Daerah ini menambah penguatan untyk terwujudnya keterbukaan informasi karena sudah sosialisasi dibanyak daerah dan Provinsi se Indonesia, sehingga khususnya  KI Sumbar sangat terbantu dalam monitoring dan evaluasi serta sosialisasi keterbukaan informasi publik di pemerintahan daerah," ujar Adrian.

Apresiasi Buka! Award bentuk apresiasi KI Sumbar pada periode jabatan untuk lembaga atau tokoh yang punya komitmen dan konsistensi untuk keterbukaan informasi publik.

"Kita sepakat memberikan kepada lembaga dan tokoh untuk satu kali setiap periode jabatan KI yakni sekali empat tahun. Sudah kita serahkan saat Anugerah Keterbukaan 11 Desember 2018, yakni untuk Mendagri RI, Mendes PDTT, Gubernur Sumbar, Ketua DPRD dan Koalis Masyarakat Sipil Sumbar," ujar Arfitriati. (rel)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru