oleh

SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP DI SENDRATASIK UNP

Menata Musik Populer Bersama Purwa Caraka

PADANG (Metrans)

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Prguruan tinggi serta mewujudkan Universitas Negeri Padang (UNP) menuju World Class University , Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratatasik), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), menggelar Workshop Penataan Musik bagi mahasiswa, dosen, serta guru-guru Seni Budaya.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 2 November 2019, dengan menghadirkan Arrangger Purwa Caraka yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, terutama pengemar musik.


Acara semonar dan workshop tersebut akan berlangsung pada hari ini, Sabtu (2/11) di Teater Tertutup Mursal Esten, FBS UNP.

Adapun peserta kegiatan ini terdiri dari mahasiswa Sendratsik dari semua angkatan dan semua Program Studi, guru seni budaya, pelajar SMA/SMK serta para dosen .

Tema dari seminar dan workshop kali ini adalah Pengembangan Literasi dalam Domain Pendidikan Seni Pertunjukan di Indonesia, dengan sub tema Penataan Musik dan Literasi serta Penataan tari dan Literasi.

Menurut Ketua Pelaksana Seminar dan Workshop, Nerosti Adnan, M. Hum., Ph. D., kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memancang dan membuka cakrawala mahasiswaguru seni budaya, dan dosen  dalam penataan musik modern dan penataan tari.

Ditambahkan Nerosti, saat ini setiap sekolah di semua tingkatan dihadapkan pada masalah penataan musik dan penataan tari, padahal mereka punya ajang setiap tahunnya yang membutuhkan konsep penataan musik dan penataan tari, dan itu diperlombakan sampai ke tingkat nasional.

“Untuk itu perlu memang guru seni budaya, mahasiswa, dan dosen memahami serta menyamakan sudut pandang, karena mereka ada yang terlibat sebagai peserta, juri, maupun pelatih memahami konsep penataan itu dengan benar,: ujar Nerosti, Selasa (22/10).

Sementara itu, Ketua Jurusan Pendidikan Sendratasik, Dr. Syeilendra, S. Kar, M. Hum.,  mengatakan kehadiran narasumber yang sudah berkelas internasional dan sangat mumpuni diharapkan bisa memacu mahasiswa Sendratasik untuk terus mengembangkan diri terutama dalam penataan musik modern.

Selain itu, untuk dosen maupun guru-guru seni budaya dan siswa diharapkan dapat memacu dan menggali kreatifitas mereka dan sekaligus sebagai upaya pembentukan karakter sebagaimana yang dituju dalam kurikulum maupun undang-undang.

“Untuk itu kita berharap, para guru, dosen, mahasiswa maupun siswa SMA dan SMK untuk mengikuti kegiatan ini karena diaykini sangat bermanfaat untuk mereka, apalagi mereka punya ajang tahunan yang namanya Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang dihajat setiap tahun,” kata Syeilendra.

Pada kegiatan tersebut setiap peserta dikenai uang pendaftaran sebesar Rp50 ribu untuk mahasiswa S1, Rp100 ribu untuk mahasiswa S2, dan Rp150 ribu untuk guru dan umum, sedangkan fasilitas yang diterima peserta adalah, kudapan, makan siang, dan seminar kit.

Peserta yang berasal dari luar kota atau yang ingin mendaftar melalui online  uang pendaftaran dapat dikirim ke nomor rekening Bank Nagari 2103.0207.08512-5, atas nama Tulus Handra Kadir.

Selain itu juga dibuka pendaftaran bagi peserta ataupun guru yang akan mengirimkan artikel untuk diterbitkan dengan batas pengiriman tanggal 30 Oktober 2019 dengan mengirimkan tulisan ke email, [email protected].  

Adapun nomor telepon dan nomor WhatsApp dari narahubung kegiatan ini adalah Firnando Sabetra 081261757223, Agung Dwi Putra 085721652197, dan Novrizal 08127779725. (Novrizal Sadewa)

.

 


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru