Menyamar Jadi Pembeli, Polsek Lubeg Ringkus Pelaku Curanmor saat Jual Motor Curian

Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Lubeg saat meringkus pelaku di kawasan Banda Bakali, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Minggu (22/3).

PADANG (Metrans)

Unit Reskrim Polsek Lubuk Begalung (Lubeg) meringkus seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Jalan Tepi Banda Bakali, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Minggu (22/3) sekira pukul 18.00 WIB.

Diketahui, ditangkapnya pelaku merupakan hasil penyamaran polisi yang berpura-pura sebagai pembeli motor curian itu. Alhasil, pelaku akhirnya dibekuk setelah sekian lama menjadi target operasi (TO) Unit Reskrim Polsek Lubeg.


Dalam penyamaran sebagai pembeli, polisi menawar motor dengan harga relatif tinggi, sehingga pelaku terpancing dengan tawaran tersebut. Lebih lanjut, terjadilah perjanjian untuk bertemu antara pelaku dengan polisi yang menyamar sebagai pembeli itu.

Setelah bertemu, dengan sigap polisi langsung membekuk pelaku d ilokasi. Sementara itu, pelaku tidak bisa lagi berkutik dan melakukan perlawanan serta tidak mengetahui bahwasa ia telah masuk perangkap polisi yang saat itu sedang menyamar.

Kapolsek Lubeg, AKP Andi P Lorena membenarkan penangkapan terhadap pelaku bernama Nofrizal (30) yang sudah lama menjadi incaran itu.

"Setelah ditangkap, pelaku sempat dibawa ke Polsek Lubeg sebelum diserahkan ke Polsek Kuranji, tempat korban meberikan laporan kehilangan. Untuk proses lebih lanjutnya, akan ditangani oleh Polsek yang bersangkutan," ujar Andi saat dimintai keterangan, Senin (23/3).

Dalam melakukan penangkapan, sambung Andi, pihaknya melakukan penyamaran sebagai pembeli motor hasil curian. Itu dilakukan supaya pelaku keluar dari tempat persembunyian dan memudahkan polisi dalam penangkapan.

"Pelaku merupakan TO kita sejak lama, karena pelaku terkenal licik dan ulet dalam melakukan persembunyian, terpaksa dilakukan penyamaran untuk mengelabui pelaku yang pada akhirnya pelaku pun berhasil ditangkap beserta barang bukti," tambah Andi.

Setelah dibekuk, sambung Andi, pelaku sempat dibawa ke Polsek Lubeg untuk dimintai keterangan, sebelum dibawa ke Polsek Kuranji, tempat korban memberikan laporan.

"Ya, saat ini pelaku sudah berada di Polsek Kuranji dan untuk proses hukumnya dilakukan oleh Polsek terkait," tandasnya.


Jangan Lewatkan