oleh

TINGKAT SLTP SE-SUMBAR

MTsN 3 Solok Kuasai Mapel UN The Rising Star IX

KOTOBARU (Metrans)

Madrasah Tsanawiyah (MTsN) 3 Solok menguasai nomor Lomba Mata Pelajaran (Mapel) yang diujikan di Ujian Nasional (UN) pada The Rising Star IX di MAN 1 Solok, Rabu (7/3). Dua duta dari MTsN 3 Solok meraih juara 1 dan juara 3. Mereka adalah Rahman Wila Azani yang meraih juara 1 dan Shannaz Izzati Frishila yang meraih juara ketiga. MTsN 3 Solok juga meraih juara ketiga di nomor English Speech Contest (lomba pidato bahasa Inggris), atas nama Natasya Jihandara Fawzi.

Kepala MTsN 3 Solok, Maidison, melalui Ketua Kontingen, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Risfanelti beserta dua guru pendamping, Difo Rahmat Putra dan Murni Hartati, menyatakan pihaknya sangat bersyukur dengan hasil ini. Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa siswa-siswa MTsN 3 Solok semakin bisa bersaing dengan madrasah dan SMP lain di Kabupaten Solok dan Sumbar.


"Kami sangat bersyukur dengan hasil The Rising Star tahun ini. Hal ini berkat serangkaian persiapan matang yang dilakukan para siswa selama ini. Juga berkat dukungan sekolah, komite sekolah dan orang tua siswa. Mudah-mudahan, tahun depan kita bisa lebih baik lagi," ungkapnya.

The Rising Star merupakan ajang penampilan bakat dan kompetisi kemampuan siswa tingkat SMP dan MTs tingkat Sumbar. Tahun ini, merupakan kali kesembilan MAN 1 Solok menyelenggarakan ajang ini.

Dalam ajang itu, diperlombakan berbagai bakat siswa, baik ekstrakurikuler, seperti keterampilan peraturan baris berbaris (PBB), pertandingan futsal, hafalan Alquran (tahfidz), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Maupun lomba mata pelajaran yang masuk Ujian Nasional, yakni Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. MTsN 3 Solok mengirimkan 18 siswa yang akan mengikuti seluruh cabang lomba yang dipertandingkan, kecuali futsal.

Sebelumnya, kontingen tersebut telah dilepas oleh Kepala MTsN 3 Solok, Maidison. Dalam prosesi pelepasan kontingen, Maidison berharap seluruh anggota tim untuk menampilkan kemampuan terbaik.

"Selain menunjukan kualitas individu, ajang ini juga untuk menunjukan jati diri madrasah dalam rangka mewujudkan Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat. Juara itu pilihan, tapi penampilan terbaik itu mutlak. Peserta lainnya yang akan bersaing nanti merupakan utusan terbaik dari sekolah dan madrasahnya masing-masing. Tapi harus ditanamkan, duta MTsN 3 Solok adalah wakil dari Lembah Gumanti yang merupakan orang-orang pilihan," ujar Maidison menyemangati.

MTsN 3 Solok mengirim satu peleton (11 orang) untuk Lomba PBB Beregu. Cabang Tahfidz 1 orang, Pidato Bahasa Inggris 1 orang, dan 4 orang wakil di 4 mata pelajaran Ujian Nasional. Dari persiapan yang telah dilakukan secara intensif sebelumnya, Ketua Kontingen, Risfanelti menyatakan pihaknya akan berbuat yang terbaik untuk nama baik madrasah yang terletak di Alahan Panjang, Kabupaten Solok ini.

"Kita harapkan seluruh kontingen bisa mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya. Sehingga bisa mengharumkan nama madrasah. Kita tidak memberikan target kepada tim, namun hanya meminta mereka tampil maksimal," ujarnya.

Sebelumnya, pada Kamis (1/3) lalu, siswa MTsN 3 Solok yang tampil pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Solok yang digelar oleh MGMP Matematika Kabupaten Solok meraih peringkat kedua. Siswa kelas VIII bernama Muhammad Ikbal meraih juara II menyisihkan puluhan peserta lainnya se-Kabupaten Solok. Di samping itu, pada Lomba Mata Pelajaran Ujian Nasional (LMP UN) di Dermaga Singkarak pada 4 Februari lalu, empat siswa MTsN 3 Solok berhasil menempati peringkat 10, peringkat 20, peringkat 21 dan peringkat 47 dari 1.337 siswa se-Sumbar. (rzl)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru