oleh

UNTUK BANGUN AKSES JALAN

Nagari Kubang Koto Merapak Pessel dapat Banpres Rp200 Juta

PAINAN (Metrans)

Kenagarian Kubang Koto Merapak, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mendapatkan Bantuan Presiden (Banpres) sebesar Rp200 juta.

Bantuan tersebut digunakan untuk akses jalan menuju kebon karet, kopi, dan pala di bukit kandang sepanjang 1 km guna membantu masyarakat tani di daerah itu.


Selain itu, di areal perkebunan tersebut juga dibangun sebuah rumah ibadah yang lengkap dengan WC nya sehingga masyarakat tani didaerah itu terasa lega. 

Wali Nagari Kubang Koto Merapak, Kecamatan Bayang Indra Suherman mengatakan anggaran yang digunakan untuk pembangunan fasilitas umum di bukit kandang tersebut, seluruhnya bersumber dari dana Bantuan Presiden (Banpres) yang diusulkan pemerintah nagari pada beberapa waktu lalu.

Diharapkan, bangunan tersebut dapat meringankan biaya kos serta memudahkan masyarakat untuk membawa hasil taninnya.

"Dengan dibangunnya jalan usaha tani tersebut, mempermudah dengan adanya hasil tani masyarakat seperti, kopi, pala dan karet, dapat diangkut dengan motor. Otomatis upah angkut  yang selama ini dibawa dengan tenaga manusia, kini bisa dibawa pakai motor mereka sendiri," kata dia

Ia menyebutkan, tidak hanya itu, sebagian dari dana banpres tersebut juga digunakan untuk membangun sebuah tempat ibadah serta WC. Sehingga dengan adanya rumah ibadah di areal perkebunan masyarakat itu, diharapkan dapat lebih  memudahkan masyarakat untuk melaksanakan sholat ketika berada dilokasi perkebunan tersebut.

"Dengan adanya rumah ibadah ini, masyarakat tak lagi melaksanakan sholat di tanah dan di bawah pohon," kata Indra Suherman.

Rasa syukur masyarakat  atas terbangunnya jalan rabat beton ke areal perkebunan mereka tersebut. Seluruh komponen masyarakat tumpah ruah menyesaki bukit kandang dalam menghadiri acara syukuran makan secara bersama - sama.

Dalam acara tersebut turut hadir Camat Bayang Syafrianto, Dandramil Bayang Warsidi dan Kapolsek Bayang, Khairil Meidians. (mil)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru