DISAKSIKAN MASYARAKAT

Ninik Mamak Perkuat Penyegelan Kantor Wali Nagari Tiumang

Warga Tiumang saat melakukan penyegelan Kantor Wali Nagari

PULAU PUNJUNG (Metrans)

Penyegelan Kantor Wali Nagari Tiumang, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, oleh warga pada Minggu malam (12/3), ternyata pada Senin (13/3) sekitar jam 10.00 diperkuat oleh ninik mamak dan tokoh masyararakat setempat.

Kejadian yang membuat heboh itu dipicu oleh proses pemilihan atau penjaringan Kepala Jorong Tiumang atas nama Hendris, yang di-SK-kan oleh Wali Nagari Tiumang Syafrizal, dan ditentang penuh oleh warga Jorong Tiulang hingga berujung pada penyegelan kantor.


(Baca juga: Kantor Wali Nagari Tiumang di Dharmasraya Disegel Warga)

Pantauan Metrans di lapangan (Kantor Wali Nagari Tiumang) aksi penyegelan dilakukan oleh piluhan orang yang terdiri dari unsur Ninik Mamak, tokoh masyarakat, pemuda serta masyarakat setempat.

Dalam aksi penyegelan itu, terlihat puluhan personil polisi ikut mengamankan jalannya aksi penyegelan itu, sampai saat ini Kantor masih dalam keadaan tertutup.

Aksi itu menuntut Wali Nagari Syafrizal melakukan  membatalkan SK pengangkatan Kepala Jorong atas nama Hendris, serta lakukan pemilihan sesuai aturan yang ada, dilakukan pemilihan lansung. Usai penyegelan itu ninik mamak beserta masyarakat membubarkan diri dengan tertib.

Sementara Asisten 1 Bidang Pemerintahan Irsyad ketika dihubungi Metrans menyatakan, tak ada yang salah dari prosedur pengangkatan Hendris selaku Kepala Jorong Tiumang oleh Wali Nagari, semua sudah sesuai aturan yang berlaku.

Adapun jabatan Kepala Jorong, katanya, akan didapatkan melalui proses penjaringan yang dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel), yang ditunjuk oleh wali nagari. Yang jelas, lanjut Irsyad, jabatan Kepala Jorong itu hak dari wali nagari yang menentukan dan menunjuk orangnya.

“Itu semua telah sesuai dengan regulasi yang ada,” ujar Irsyad. (Habibie)


Jangan Lewatkan