oleh



Nurani Fajria Wakili Sumbar ke Ajang Miss Earth Indonesia, Isu Sampah Jadi Perhatian

PADANG (Metrans)

Permasalahan sampah yang tak kunjung usai di Kota Padang, menjadi tema yang akan dibawakan Nurani Fajria (23), perwakilan Miss Earth Sumatera Barat pada ajang pemilihan Miss Earth Indonesia.

Alumni STKIP PGRI Sumbar ini bakal mewakili Sumatera Barat ke ajang Miss Earth Indonesia yang rencana akan digelar di Sun City Grand Ballroom, Jl. Hayam Wuruk, Jakarta pada Minggu (18/8) hingga Sabtu (24/8) mendatang.


Menurutnya, isu permasalahan sampah di Sumbar, terutama di Kota Padang yang sudah terjadi selama ini masih belum menemukan solusi dan pencegahan yang efektif. Selain itu, kurangnya tanggung jawab manusia terhadap sampah yang menyebabkan pencemaran lingkungan, juga salah satu faktor ia mengambil tema tersebut.

"Saya ambil tema sampah, karena memang di Sumbar, khususnya di Kota Padang, sampah menjadi pembicaraan hangat. Sehingga menyebabkan pencemaran air, udara dan lainnya," kata Nurani ketika diwawancarai Metrans, Jumat (16/8) malam.

Dari permasalahan tersebut, Nurani mengusung ide terkait tindakan preventif yang harus dilakukan dari masalah sampah. Dirinya menambahkan bahwa pemerintah daerah juga harus bertindak tegas dalam pemberian efek jera kepada pelaku pembuang sampah sembarangan.

"Padahal jelas-jelas sudah ada aturan dari pemerintah terkait pembuangan sampah ini. Tetapi masih banyak juga warga yang membandel dan nekat membuang sampah di sembarang tempat. Seperti di sungai, di Pantai Muaro Padang, padahal kan itu pusat wisata. Ini yang paling miris," jelasnya.

Nurani juga menyuluhkan kepada warga Kota Padang untuk mengurangi penggunaan sampah. Jika sebelumnya masyarakat belanja ke minimarket atau ke pasar, yang biasanya dapat kantong plastik, untuk dapat membawa tas dari rumah.

"Jadi, tidak ada penggunaan plastik yang berlebih. Penggunaan botol minuman juga dapat mengurangi sampah. Jika minuman habis, kan bisa diisi ulang. Kalau bisa seperti kaleng-kaleng itu dijadikan pot bunga. Didaur ulang, seperti sisa makanan bisa dijadikan makanan hewan ternak, sampah organik jadi pupuk," jelasnya.

Ajang yang dihelat EL Jhon Pageants ini akan melahirkan duta yang mampu peduli terhadap lingkungan. Nurani mengaku bangga dapat terpilih menjadi salah satu perwakilan Sumbar.

"Saya merasa bangga bisa lolos seleksi mewakili Sumbar. Ini merupakan tantangan, saya harus bisa mengharumkan nama kampung halaman," kata dia.

Nurani akan bersaing memperebutkan mahkota dengan 30 finalis lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia. Nantinya akan terpilih lima pemenang yakni Miss Earth Indonesia, Miss Earth Indonesia Fire, Miss Earth Indonesia Air, Miss Earth Indonesia Water dan Miss Earth Indonesia Eco-Tourism.

Juara utama atau Miss Earth Indonesia nantinya akan mewakili Indonesia ke ajang Miss Earth Internasional.

"Secara fisik dan mental, sudah disiapkan sangat matang jauh-jauh hari, tepatnya dua bulan yang lalu, setelah wawancara lulus. Segala persiapan sudah matang, hingga persiapan nasional kostum. Insyaallah optimis," ungkap anak sulung, dari empat bersaudara ini.

Selama bergelut di dunia pageant, Nurani selalu disupport oleh Management Next Modell Sumbar. Mulai dari kostum tradisional, persiapan-persiapan. Bahkan seluruh keperluan, juga disediakan oleh Managenent Next Modell Sumbar dan Aji Salon Padang.

"Terima kasih kepada sponsor, dan seluruh masyarakat yang mendukung. Semoga bisa menang, bisa jadi kebangaan orang Sumbar dan mencontohkan bagaimana mencintai lingkungan dan mencintai bumi. Mohon dukungannya, warga Sumbar," pungkas pemilik instagram @nuranifajria96 itu.

[Raihan Al Karim]


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru