SASAR ANGKOT "NAKAL"

Operasi Zebra Singgalang Hari ini, 50 Angkot Ditilang, 7 Dikandangkan

Operasi Zebra Singgalang 2019 hari ini, Satlantas Polresta Padang menyasar angkutan kota.

PADANG (Metrans)

Operasi Zebra Singgalang 2019 kini memasuki hari ke-8. Sejak pertama dilaksanakan pada Rabu (23/10) sampai hari ini, Satlantas Polresta Padang telah menindak lebih kurang 2.800 pelanggar di wilayah hukumnya.

Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya mengatakan, pada hari ke-8, operasi dikhususkan untuk angkutan kota (angkot) yang pengemudinya masih banyak tidak memiliki SIM yang sesuai dengan peruntukan.


"Masih banyak ditemukan angkot tidak memiliki SIM sesuai dengan peruntukannya. Contohnya, angkot harusnya SIM A umum, dan ternyata masih yang memiliki SIM A biasa," ujar Asril yang turun melaksanakan Operasi Zebra Singgalang 2019, Kamis (31/10).

Untuk angkot itu sendiri, sambung Asril, sementara dilakukan penilangan. Selain tidak memiliki SIM, ada juga sopir angkot yang tidak memiliki buku KIR atau kelayakan dalam mengemudi yang telah tertera dalam aturan yang berlaku.

"Hari ini Kamis 31 Oktober 2019, sebanyak 50 angkot telah dilakukan penilangan dan 7 angkot yang dikandangkan.  Sementara itu, karena kita bergabung dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk penindakan angkot tidak mengantongi buku KIR kita serahkan kepada yang bersangkutan," terangnya lagi.

Lebih lanjut ia mengatakan, operasi itu dikhususkan untuk angkot, karena masih banyak ditemukan angkot yang masih ugal-ugalan dan bagi sopir angkot itu sendiri, akan dilakukan pemeriksaan urine untuk mengetahui apakah ia mengkonsumsi narkotika atau tidak, karena akan hal itu menyangkut keselamatan penumpang.

"Contohnya saja kemaren, saat dilakukan operasi, kami mengamankan satu angkot yang ugal-ugalan. Setelah sopir angkot dilakukan tes urine, ternyata ia positif mengkonsumsi narkotika jenis sabu," lanjut dia.

Kemudian, selain angkot, Polresta Padang juga memeriksa surat-surat pengendara roda dua dan roda empat lainnya. Namun, pada operasi ke-8 ini, memang dikhususkan untuk penindakan sopir angkot.

"Dan untuk hari ini, operasi dilakukan pada dua titik, yakni di kawasan Alai dan satunya lagi pada Jalan S. Parman Kelurahan Lolong di depan Polsek Padang Barat," tutup Asril.

Sementara itu, Operasi Zebra tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Dari pantauan Metrans, terlihat berbagai macam alasan pengendara untuk mengelak saat di periksa.

Namun petugas tetap melayangkan surat tilang bagi yang melanggar sebagaimana mestinya. Bahkan ada salah satu sopir angkot jurusan Pasar Raya - Lubuk Buaya terpaksa menurunkan penumpangnya karena tidak memiliki SIM dan buku KIR. 

[Buliza Rahmat]


Jangan Lewatkan