oleh

BAWASLU SUMBAR GELAR SOSIALISASI

Partisipasi Masyarakat Sangat Diharapkan Awasi Tahapan Pemilu 2019

PADANG (Metrans)
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar terus menggenjot sosialisasi pengawasan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden/wakil presiden 2019 secara bertahap, dengan menampilkan narasumber dan penelis dari pihak-pihak terkait dalam pesta demokrasi itu.

Dalam Sosialisasi Pelaksanaan Pengawasan Tahapan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 yang digelar di Hotel Inna Muara Jl. Gereja Padang, Selasa (27/11), ditampilkan tiga narasumber yakni anggota Bawaslu Sumbar Vifner, Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay serta anggota KPID Sumbar Robert Kenedi.

Sosialisasi yang dihadiri sekitar 100 orang peserta itu diikuti para ketua dan sekretaris partai politik peserta pemilu, para calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) beserra LO masing-masing dan pihak terkait lainnya.


Dalam kesempatan itu, Vifner berharap, melalui sosialisasi yang dilaksanakan secara bertahap itu diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan informasi bagi partai politik peserta pemilu, dan tentunya diharapkan juga masyarakat turut mengawasi tahapan pemilihan umum itu, baik pileg maupun pilpres 2019.

Dijelaskan, sosialisasi ini dimaksudkan jelas untuk menyamakan persepsi terhadap aturan kampanye bagi para peserta pemilu, baik capres/cawapres bersama jurkam, calon perseorangan anggota DPD maupun para caleg, sehingga pelaksanaan tahapan kampanye dapat berjalan lancar serta peserta pemilu tidak melanggar aturan berkampanye

Untuk itu, dia mengajak berbagai komunitas maupun organisasi, untuk dapat memberikan andil menjadi mata dan telinga dalam pengawasan pemilu, dengan harapan dapat meminimalisasi kecurangan-kecurangan yang mungkin akan terjadi di pemilu 2019.

“Bawaslu melakukan pengawasan pelaksanaan kampanye itu berdasarkan Undang – Undang, diantaranya terkait alat peraga dan alat peraga kampanye serta kampanye di media massa,” katanya.

Sementara Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay dalam paparannya menyatakan, sangat memuji komitmen yang dibuat bersama parpol dan calon DPD tentang kesepakatan-kesepakatan penyerahan berkas untuk pembuatan alat peraga kampanye (APK) sebelumnya, sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar.

“APK itu telah kita serahkan kepada beberapa pengurus partai dan jugab calon DPD, dan bagi yang masih belum mengambilnya, silahkan datang ke KPU Sumbar di Jalan Pramuka Padang untuk mengambilnya,” ujar Gebril.

Menurutnya, pasanglah alat peraga kampanye peserta pemilu itu pada titik atau zonasi yang telaj ditetapkan dan dibolehkan oleh KPU bersama pemerintah daerah, dengan ukuran APK sesuai dengan peraturan seperti yang telah dibuat KPU, berikut ketentuan jumlah APK yang dibolehan.

Menurut Gebril, dengan sama-sama dijalankannya komitmen yang telah dibuat secara bersama-sama itu, jelas sangat membantu penyelenggara pemilu dalam mensukseskan pesta akbar yang digelar sekali dalam lima tahun itu.

Sementara Robert Kenedi dari KPID Sumbar secara panjang lebar menerangkan tentang regulasi siaran yang berlaku bagi radio dan televisi, baik berupa siaran publik, berbayar, komunitas dan sebagainya.

Kegiatan sosialisasi itu cukup mendapat respon yang positif dari peserta yang hadir. Pertanyaan demi pertanyaan silih berganti cukup antusias disampaikan para peserta yang juga dihadiri para ketua Bawaslu dan KPU se Sumbar itu. (*)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru