oleh



Pasaman Barat Terima Bantuan Peralatan Tanggap Bencana dari BPBD Sumbar

SIMPANG EMPAT (Metrans)

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menerima bantuan satu unit kapal evakuasi cepat dan satu unit mobil tengki air bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar, Senin (8/5).

Bantuan alat itu dalam rangka percepatan penanggulangan bencana di Pasbar. Sebab, Pasbar merupakan daerah rawan bencana di Sumbar.


"Kita ucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar dengan adanya bantuan peralatan ini. Kita masih banyak butuh bantuan peralatan," kata Sekda Pasbar, Manus Handri usai menerima bantuan dari Pemprov Sumbar, Kemarin.

Dua unit alat siaga bencana tersebut diserahkan oleh Kepala BPBD Provinsi Sumbar, Nasridal Patria kepada Bupati Pasaman Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Manus Handri dan disaksikan oleh anggota DPR RI Agus Susanto.
Ia mengucapkan terima kasih kepada BBPD Provinsi Sumbar yang telah memberikan dua unit alat siaga bencana tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada BPBD Provinsi Sumbar, bantuan ini tentunya sangat bermanfaat dalam rangka mengoptimalkan evakuasi bencana di Pasaman Barat," katanya.

Ia juga mengapresiasi anggota DPR RI, Agus Susanto yang telah berupaya mengusulkan bantuan alat siaga bencana tersebut.

"Saya harap BPBD Pasaman Barat dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-sebaiknya untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Kepala BPBD Pasaman Barat, Tri Wahluyo mengatakan bahwa kapal evakuasi cepat tersebut akan di letakkan di pantai Air Bangis untuk persiapan evakuasi apa bila terjadi kecelakaan laut di daerah tersebut.

"Semoga kita bisa optimalkan pelayanan kepada masyarakat perihal evakuasi bencana di tengah laut dan bencana banjir," katanya.
Menurutnya saat ini BPBD Pasaman Barat sangat memerlukan alat pendeteksi getaran tanah untuk antisipasi apa bila ada kemungkinan akan terjadi longsor dititik rawan longsor.

"Kita berharap BPBD Provinsi Sumbar juga dapat membantu tambahan alat dan satu unit Eksavator sebagai alat evakuasi korban longsor di Pasaman Barat," harapnya.


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru