GANGGU ARUS LALULINTAS

Pedagang Bunga Khatib Sulaiman akan Direlokasi

PEDAGANG BUNGA- Pemerintah Kota Padang tengah mencarikan lokasi yang tepat bagi pedagang bunga di jalan Khatib Sulaiman. Pasalnya, keberadaan pedagang tersebut cukup mengganggu arus lalulintas sekitar.

PADANG (Metrans)

Pemerintah Kota Padang tengah mencarikan lokasi yang tepat bagi pedagang bunga di jalan Khatib Sulaiman.

Pasalnya, keberadaan pedagang tersebut cukup mengganggu arus lalulintas sekitar.


"Kita akan mencarikan lokasi yang aman bagi pedagang bunga tersebut," ujar Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, kemarin.

Ditekankan walikota, sebenarnya di lokasi tempat pedagang bunga tidak dibolehkan untuk berjualan. Sebab, selain mengganggu arus lalulintas, taman dan rumput yang ada di pinggir jalan menjadi rusak karena terinjak.

"Sebenarnya di sana kan tidak boleh berjualan, karena rumput dan taman menjadi rusak," ungkap Mahyeldi.

Pantauan Metrans di lokasi tersebut, sejumlah titik tepatnya di depan bekas Kantor Dispenda Sumbar dihuni oleh pedagang bunga.

Hampir setiap waktu kendaraan roda empat parkir di pinggir jalan depan pedagang bunga. Akibatnya, terjadi kemacetan.

Tidak hanya pedagang bunga, beberapa pedagang lain juga "menggalas" di hampir sepanjang jalan Khatib Sulaiman. Akibatnya, parkir liar pun menggurita.

"Berjualan dan parkir di sepanjang jalan Khatib Sulaiman cukup mengganggu kepentingan umum. Di jalan (Khatib Sulaiman) itu memang tidak boleh parkir sembarangan, itu jalan bebas hambatan. Dan ketika ada orang berbelanja, diharapkan masyarakat memarkirkan kendaraan di lokasi parkir, jangan sembarang parkir saja,” tegas Mahyeldi.

Walikota menjelaskan, tugas pemerintah memberikan solusi yang terbaik, maka untuk itu secara bersama-sama menegakkan peraturan yang ada dengan melibatkan masyarakat setempat dan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan.

Walikota menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI Angkatan Darat untuk dapat memberikan lokasi bagi pedagang bunga, di kawasan Ganting Kecamatan Padang Timur, sehingga tidak menganggu kepentingan orang banyak.

Sisi lain, pihak Dinas Perhubungan Kota Padang terus melakukan razia parkir liar di sepanjang jalan Khatib Sulaiman. Petugas kerap menemui kendaraan yang parkir sembarangan. Petugas pun tak segan-segan menggembosi ban mobil yang "madar" agar menimbulkan efek jera bagi pemilik kendaraan.( lie)


Jangan Lewatkan