oleh



Pedagang Kuliner di Pujasera Taman Puri Dapat Bantuan 15 Kompor Induksi, Juga Ada Wifi Gratis

PADANG (Metrans)

PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat (UIW Sumbar) bersama anak perusahaannya, PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) meresmikan program Ambassador Electrifiying Lifestyle di Pujasera Taman Puri, Ujung Gurun, Selasa (15/10). Dalam kesempatan itu, PLN memberikan bantuan 15 kompor induksi (kompor listrik) gratis untuk para pedagang kuliner dan memberikan akses internet (wifi) gratis di lokasi tersebut.

General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto mengatakan, ada banyak manfaat yang didapat pelaku usaha jika menggunakan kompor induksi saat melakukan proses pembuatan kuliner. Salah satunya, pelaku usaha dapat bekerja lebih efektif dan efisien karena dapat menghemat pengeluaran sebesar 30 persen untuk biaya produksi dibanding sebelumnya menggunakan kompor gas.


"Program ini merupakan peresmian dari peralihan proses produksi barang dagangan pelaku usaha yang semula menggunakan kompor gas dan kompor minyak menjadi kompor induksi. Di sini, kita membagikan 15 kompor induksi gratis untuk para pedagang dan juga wifi gratis bagi para pengunjung Pujasera Taman Puri ini," kata Bambang.

Selain menghemat biaya produksi, kata Bambang, suasana tempat juga akan lebih segar karena memperkecil munculnya asap yang bersumber dari api pada kompor minyak atau kompor gas yang sebelumnya digunakan oleh para pedagang kuliner.

"Kompor induksi ini tentu dapat memperkecil munculnya asap yang bersumber dari api pada kompor minyak atau kompor gas yang sebelumnya digunakan. Bahkan, kompor induksi dapat mengurangi risiko terjadinya kebakaran akibat ledakan kompor gas dan kompor minyak. 

Selain itu, suasana tempat juga menjadi lebih hijau karena memperkecil munculnya asap yang bersumber dari api pada kompor minyak atau kompor gas. Manfaat lainnya yakni kompor induksi dapat mengurangi risiko terjadinya kebakaran akibat ledakan kompor gas dan minyak. Semoga pelaku usaha dapat secara konsisten dapat menggunakan kompor induksi dengan sebaik-baiknya untuk proses produksi barang dagangan," tambah dia.

INTERNET GRATIS

Di kesempatan yang sama, PT. ICON+ selaku anak perusahaan PLN yang bergerak dalam bidang penyediaan layanan Information and Communication Technology (ICT) dan jasa layanan solusi digital juga ikut memberikan bantuan berupa wifi gratis yang dinamai Internet Desa Economic Solution (Ides Cafe). Dengan bantuan wifi gratis ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan dari masyarakat ke Pujasera Taman Puri tersebut, terutama untuk generasi milenial.

Sebelumnya, General Manager ICON+ SBU Pekanbaru, Widi Kristiawan mengatakan, Ides Cafe atau yang biasa disebut Kadai Ides merupakan program internet rakyat yang merupakan kontribusi untuk peningkatan bandwidth per kapita yang diinisiasi oleh ICON+. Program ini sendiri merupakan bentuk dukungan ICON+ terhadap program PLN, "Desa Berlistrik dan Berinternet".

Ia berharap, kegiatan ekonomi yang ada seperti UMKM, masyarakat bisa mengunggah produknya yang ada ke sebuah platform untuk jual beli digital yang disiapkan oleh ICON+ yang bernama "Airsale". Di samping menyediakan layanan internet gratis, pihaknya juga menyaring situs-situs website terlarang di jaringan tersebut agar tak disalahgunakan oleh para pengguna internet itu.

"Disini proteksinya kita ada DNS nya untuk memproteksi website terlarang, kita sudah koneksikan. Kita akan selalu update, kalau ada temuan segera infokan, agar kita bisa update setiap saat. Kita dukung internet bersih," pungkasnya.

Diketahui, di Sumatera Barat sudah hampir 40 desa yang mendapat akses internet gratis dari ICON+. Beberapa daerah itu di antaranya, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, Bukittinggi, Padang Panjang, Pariaman, dan Padang Pariaman. 

[Raihan Al Karim]


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru