oleh

PEMILIHAN KEPALA JORONG SUDAH BENAR

Pemkab Dharmasraya Sesalkan Penyegelan Kantor Wali Nagari Tiumang

PULAU PUNJUNG (Metrans)

Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya, Irsyad didampingi Kabag Tata Pemerintahan Setda Aril, menyayangkan terjadinya aksi penyegelan Kantor Wali Nagari Tiumang Minggu malam (12/3) oleh warga setempat.

"Ya, tadi pagi Pak Wali Nagari Tiumang, Syafrisal telah melaporkan kejadian itu kepada bapak bupati," ujar Irsyad kepada Metrans, Senin (13/3).


(Baca juga: Ninik Mamak Perkuat Penyegelan Kantor Wali Nagari Tiumang)

Dia mengatakan, penyegelan itu dipicu oleh proses penjaringan Kepala Jorong. dimana masyarakat setempat menginginkan pemilihan langsung, sementara berdasarkan Undang-Undang Desa Nomor 06 Tahun 2016 tentang desa dan Peraturan Bupati Nomor 16 tahun 2016 tentang cara penyelenggara pemerintahan nagari, menyebutkan kalau jabatan kepala jorong tidak dipilih langsung oleh masyarakat.

Menurut dia, dalam peraturan itu disebutkan jabatan Kepala Jorong, akan didapatkan melalui proses penjaringan yang dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) yang ditunjuk oleh wali nagari.

"Jabatan kepala jorong itu didapat berdasarkan hasil penjaringan oleh Pansel yang ditunjuk oleh wali nagari. Kemudian dari hasil itu wali nagari memberikan laporan kepada camat, yang selanjutnya akan memberikan rekomendasi pada wali dan wali yang menentukan siapa yang akan ditetapkan sebagai kepala jorong," katanya.

Yang jelas, lanjut Irsyad, jabatan Jorong itu hak dari wali yang menentukan dan menunjuk orangnya. Itu semua telah sesuai dengan regulasi yang ada.

"Apa yang dilakukan oleh Wali Nagari Tiumang telah sesuai dengan regulasi yang ada. Tahapan proses telah dilakukan oleh pak wali," ujar Irsyad.

Dia menyebutkan, pemerintah daerah akan melakukan rekonsiliasi dan mediasi antara masyarakat dan Wali Nagari Tiumang Syafrisal, agar persoalan ini bisa diselesaikan.

"Pemda akan melakukan mediasi dan lobi-lobi dengan pak wali agar aspirasi masyarakat dan kepentingan wali bisa terakomodir dengan baik," katanya. (Habibie)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru