Pemkab Pasbar Jadikan Safari Ramadhan untuk Serap Aspirasi

Sekda Pasbar, H. Manus Handri saat berdiskusi dengan warga Aek Nabirong saat kunjungan tim safari Ramadhan belum lama ini.

SIMPANG EMPAT (Metrans)

Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menjadikan safari Ramadhan 1438 Hijriah sebagai ajang diskusi dan menyerap aspirasi masyarakat tentang berbagai pembangunan.

"Safari Ramadhan yang telah kami tidak hanya sekedar konvoi dan menyerahkan bantuan tetapi juga ajang diskusi mendengarkan masukan dari masyarakat tentang pemgangunan," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Minggu (11/6).


Ia mengatakan melalui ajang safari Ramadhan itu pihaknya langsung mendengar keluhan dan kekurangan apa yang ada pada suatu daerah.

Apalagi setiap safari Ramadhan berkunjung ke masjid maka Bupati Pasaman Barat selalu membawa Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang ada sehingga dapat mendengar keluhan dan kekurangan pembangunan yang ada.

"Saya minta kepada kepala OPD agar mencatat dan memasukkan usulan masyarakat dalam rencana pembangunan nantinya," harapnya. 

Ia menyebutkan setiap tim safari Ramadhan turun berkunjung, usai melaksanakan shalat Tarwih dan Isya berjamaah maka diadakan temu ramah dan diskusi dengan warga tentang pembangunan.
Misalnya terkait kindisi jalan, kondisi ekonomi, perkebunan, pertanian dan berbagai macam persoalan yang ada. Pada Ramadhan 1438 Hijriah ini Pemkab Pasaman Barat telah mengunjungi 44 masjid yang ada dengan menyalurkan bantuan Rp440 miliar atau masing-masing masjid menerima Rp10 juta.

Selain bantuan uang tunai, Pemkab Pasaman Barat juga memberikan bantuan Alquran terjemahan dan tikar sholat.
Sementara itu Sekretaris Daerah, Manus Handri menambahkan bantuan itu disalurkan melalui tim safari Ramadhan yang telah dibentuk oleh Bupati Pasaman Barat.

Ia menyebutkan kegiatan tersebut juga dilaksanakan dengan membasa media massa, baik cetak maupun elektronik untuk membantu penyebaran informasi pada masyarakat Pasaman Barat.

"Kita juga memberikan informasi tentang berbagai pembangunan yang sedang dilaksanakan serta prestasi yang sudah diraih," katanya.(sta)


Jangan Lewatkan