oleh

JALUR DIPASTIKAN AMAN

Pemkab Pasbar Lakukan Ujicoba Lintasan TdS Etape VI

SIMPANG EMPAT (Metrans)

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) memastikan jalur Tour de Singkarak (TdS) etape VI untuk wilayah itu aman dilalui para pembalap yang akan berlangsung pada Kamis (23/11) nanti.

"Setelah kita lakukan ujicoba lintasan sepanjang 45 kilometer, lintasan dalam keadaan baik," kata Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Armen usai melakukan uji coba lintasa atau gladi, Selasa (21/11).


Ia mengatakan ujicoba lintasan dilakukan untuk memastikan jalur yang digunakan oleh para pembalap nantinya tidak ada gangguan saat para pembalap melintas.

"Ujicoba lintasan juga diikuti 80 peserta pakai sepeda dari Padang Sawah Kabupaten Pasaman sampai depan Kantor Bupati Pasaman Barat," katanya.

Menurutnya uji coba tersebut dilakukan pada lintasan sepanjang 45 kilometer yang dimulai dari Padang Sawah hingga depan kantor bupati. Ujicoba menggunakan sepeda ini dimulai pada pukul 10.15 WIB yang diikuti oleh 80 peserta.

"Para peserta berasal dari masyarakat lokal dan juga pembalap dari Sumbar. Panitia penyelenggara juga menyediakan sejumlah hadiah untuk para juaranya," katanya.

Pada ujicoba itu sekaligus ujicoba pengamanan dari personil gabungan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD dan Orari. Setidaknya ada 256 titik pengamanan di sepanjang jalur tersebut untuk mengamankan TdS di Pasaman Barat.

Ia mengatakan TdS di Pasaman Barat  akan dijadikan tempat finis pada TdS etape VI yang tempat startnya dimulai dari Pariaman.

Ia menambahkan penyambutan TdS di Pasaman Barat tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Akan ada pesta rakyat dan pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM).

Pesta rakyat itu nantinya akan menampilkan kesenian yang ada di Pasaman Barat, seperti ronggeng, randai, gondang sembilan dan band-band generasi muda serta masih banyak yang lainnya.

Ia berharap semua pihak dapat mendukung ajang TdS sebab, ajang ini tidak hanya sebagai kalender tahunan pemerintah pusat saja tetapi dijadikan ajang promosi wisata dan segala potensi yang ada.

"TdS akan diliput puluhan media lokal, nasional dan internasional. Tentu potensi Pasaman Barat akan lebih dikenal ke depannya," harapnya. (sta)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru