oleh

CEGAH KORUPSI

Pemkab Solok Gandeng KPK Gelar Bimtek Pengendalian Gratifikasi

AROSUKA (Metrans)

Seluruh Kepala Dinas dan Camat di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, mengikuti bimtek pengendalian gratifikasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di ruang Pelangi Arosuka, Selasa (21/3).

Bupati Solok Gusmal mengatakan, narasumber nanti akan menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan gratifikasi. Bagaimana mencegah gratifikasi dilingkungan Pemerintah.


"Dengan menghadirkan narasumber dari KPK RI Pemeriksa Gratifikasi Direktorat Gratifikasi Udin Jaharudin, diharapkan pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Solok paham tentang gratifikasi,"tuturnya.

Selain itu, dikatakan Gusmal, Undang-undang yang mengatur tentang KKN banyak belum di pahami oleh aparatur negara, apalagi masyarakat. KKN bukan hanya berkaitan dengan masalah keuangan namun juga banyak bentuk lainnya.

"Hal inilah yang akan di bahas dan ditindak lanjuti dan bagaimana penanggulangannya,"tambahnya.

Sebelumnya pemerintah Kabupaten Solok sudah membuat edaran bahwa tidak boleh adanya pungutan liar dalam pemberian perizinan kepada masyarakat.

Di kabupaten solok semua perizinan sudah tidak di tanda tangani oleh Bupati. Semua kewenangan diberikan kepada dinas terkait.

"Kita ingin menciptakan Kabupaten Solok bebas KKN dan birokrasi bersih untuk saat ini dan kedepannya," pungkasnya.

Sementara itu ketua pelaksana Hermantias mengatakan, Kegiatan pada hari ini sosialisasi tentang Gratifikasi dan narasumbernya langsung dari KPK.

Tujuan kegiatan ini untuk memberi pemahaman tentang arti Pengendalian gratifikasi interen dalam pemerintahan dan mencegah interaksi korupsi

Peserta bimtek dari pejabat eselon 2 dan eselon 3 di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Solok. (Yance Gaffar)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru