oleh

SULASTRI:

Pendidikan Karakter Siswa di Padang Belum Optimal

PADANG (Metrans)

Akademisi Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar) Sulastri mengatakan karakter yang siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) belum optimal terbukti dengan banyaknya siswa kita tertangkap lagi bolos sekolah pada saat proses belajar dan mengajar (PBM). 

"Maraknya tawuran antar pelajar, kejahatan seksual, perilaku menyimpang dan banyak lagi ini merupakan bukti pendidikan karakter pada siswa belum optimal," tambahnya.


Sulastri yang juga kepala sekolah ini menyampaikan sebagian guru saat ini belum mendidik karakter siswa dengan baik, sehingga pendidikan karakter hanya sebatas wacana saja.

Dia mengungkapkan, perilaku-perilaku positif sebagian guru belum bisa memberi contoh dan diteladani siswa di sekolah. 

“Kita mengajarkan disiplin kepada peserta didik Harus dimulai dari para guru dan kepala sekolah yang datang ke sekolah tepat waktu Sehingga siswa bisa melihat dan mencontoh gurunya agar tidak terlambat datang ke sekolah," ujarnya. 

Menurutnya, itu salah satu contoh yang diwariskan kepada anak-anak dalam menumbuhkan pendidikan karakter. Sebab pendidikan karakter harus dicontohkan dan bukan diajarkan.

Pada saat sekarang banyak guru melarang anak-anak merokok di lingkungan sekolah, tapi kenyataannya masih banyak guru yang merokok di lingkungan sekolah bahkan saat mengajar di ruang kelas.

Ia menegaskan mengajar sambil merokok itu tidak mendidik anak untuk menumbuhkan pendidikan karakter bahkan bisa menggugurkan pendidikan karakter terhadap anak didik nantinya.

Dia berharap, pendidikan  karakter dapat berjalan dengan baik di wilayah kita agar Bisa dimulai dari yang kecil dan diri sendiri Masing-masing guru mencontohkan karakter-karakter yang baik kepada anak didiknya. Seperti disiplin, jujur, dan sebagainya.

“Sehingga suatu saat  nanti, Insya Allah secara berangsur-angsur karakter baik yang dicontohkan Rasullulah SAW bisa terlaksana,” harapnya. (bay)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru