oleh

BERLANGSUNG KHIDMAT

Pengambilan Api Porprov Sumbar ke XV Dilakukan Secara Ritual Adat di Pariangan

BATUSANGKAR (Metrans)

Pengambilan api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke XV di Nagari Tuo Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (17/11) diawali acara adat "Sambah Kato".

"Sambah Kato" merupakan prosesi untuk meminta izin dari Pemangku Adat Nagari Pariangan. Api diambil oleh Wali Nagari Pariangan, didampingi Ketua KAN dan Ketua BPRN nagari Pariangan, Api kemudian diserahkan ke Bupati Tanah Datar Irdinansyah tarmizi didampingi Wakil Bupati Zuldafri Darma, selanjutnya diserahkan ke Gubernur Sumbar diwakili Kadis Pemuda dan Olahraga Adit Alfikri, dilanjutkan kepada Bupati Padang Pariaman Ali Mukni selaku tuan rumah Porprov Sumatera Barat XV dan diserahkan langsung kepada atlit bersama pasukan pembawa api untuk dikirab dari Nagari Pariangan ke seluruh kabupaten/kota berakhir di kabupaten Padang Pariaman pada pembukaan Porprov Senin mendatang.


Ikut menyaksikan upacara prodi pengambilan api Bupati/Walikota Se Sumbar, Anggota DPR RI, Ketua DPRD Sumbar, unsur Muspida Tanah Datar, tokoh olahraga, atlet, dan masyarakat setempat.

Gubernur diwakili Kadis Pemuda dan Olahraga Adit Alfikri mengatakan, pengambilan api pekan olahraga di Sumbar selalu dilaksanakan di Nagari Tuo Pariangan. Api yang sumber dari alam tersebut menjadi semangat kebersamaan baik atlet olahraga maupun masyarakat.

"Semangat kebersamaan tersebut menjadi ikatan kekeluargaan bagi para atlet dan masyarakat nagari yang akan terus berkibar selama pelaksanaan Porprov, api merupakan pengemangat bagi atlit," sebutnya.

Dia mengharapkan semangat kebersamaan tersebut tetap bergelora di tengah masyarakat terutama para atlet dengan menjunjung sportifitas dan dalam merebut medali.

Dia juga sampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dari semua pihak lancarnya pengambilan api abadi di nagari Pariangan.

Bupati Irdinansyah mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan pengambilan api Porprov XIV di Nagari Tuo Pariangan merupakan salah satu nagari terindah di dunia, semoga api terus berkibar selama pelaksanaan Porprov di kabupaten Padang Pariaman yang berlangsung dari 19 sampai 28 November 2018.

"Kami pemerintah daerah dan masyarakat Tanah Datar khususnya nagari Pariangan mengucapkan terimakasih yang telah menetapkan setiap di adakan Porprov pengambilan api di laksanakan disini," ucapnya.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman Ali Mukni sampaikan ucapan terima kasih atas di percayanya kabupaten Padang Pariaman sebagai tuan rumah porprof XV dan khususnya kepada Bupati dan Masyarakat nagari Pariangan yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut.

"Insyaallah api ini akan selalu berkobar selama kegiatan Porprov selama 10 hari mendatang," ucapnya.

Selanjutnya api abadi dari nagari Pariangan akan di bawah oleh Wabup Zuldafri untuk di serahkan kepada walikota Padang Panjang untuk dinapkan di kota Padang Panjang dan dilanjutkan untuk dikobarkan pada acara pembukaan Porprov XV di kabupaten Padang Pariaman Senen mendatang. (eri)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru