oleh



Pengobatan Cidera dengan Fisioterapi Lebih Efektif

PADANG (Metrans)

Pengobatan dengan cara fisioterapi lebih efektif dibandingkan dari pengobatan mengunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang membahayakan bagi si penderita.

"Tujuan dari fisioterapi adalah untuk membantu orang-orang dengan kondisi yang membatasi kemampuan mereka untuk berfungsi dalam kegiatan sehari-hari, terapi fisik menggunakan banyak teknik dan peralatan untuk membantu klain dengan memulihkan kekuatan fisiknya, meningkatkan mobilitas bagian tubuh yang cedera, mengelola rasa sakit, memperbaiki postur tubuh, dan mengelola kondisi yang melemahkan fisik," kata Kepala Fisioterapi Debby Putri Rahayu S. Ft di Padang, Senin (17/4).


"Pasien biasanya menderita hasil dari cedera, sakit, atau penyakit kronis seperti diabetes. Peralatan terapi dapat mencakup ultraviolet dan lampu inframerah, mesin EMS, whirlpool baths, dan mesin ultrasonik," tambahnya.

Ia menambahkan fisioterapi terdiri dari terapis yang menilai kemampuan pasien untuk berfungsi, pemantauan fungsi motorik, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan jangkauan gerak, membuat rencana perawatan untuk fasilitas rehabilitasi sekaligus di rumah, dan mencatat kemajuan pasien.

Mereka juga menginstruksikan pasien tentang cara menggunakan perangkat medis terapi seperti tongkat dan kruk, kursi roda dan juga kaki palsu.

"Fisioterapi menggunakan teknik non-invasif dan perangkat untuk mendorong pemulihan dan mengembalikan fungsi, itu juga memfokuskan pada kesehatan, kebugaran, dan kesejahteraan secara keseluruhan," ujarnya.

Ia menyayangkan kebanyakan orang tidak yakin apakah mereka membutuhkan fisioterapi atau tidak, fisioterapi dapat digunakan untuk semua disfungsi neuromuskuler atau muskuloskeletal seperti cedera saat berolahraga atau cedera olahraga akibat dari kecelakaan training, salah metode pemanasan, trauma jatuh atau kecelakaan lainnya yang mengakibatkan cedera fisik.

Keseimbangan atau masalah mobilitas, masalah ini dapat disebabkan oleh cedera kepala, kondisi otak, atau trauma akibat kecelakaan.

Pengobatan dengan memakai metode ini membutuhkan keterlibatan pasien secara aktif dan kedisiplinan. Oleh karena itu, fisioterapis akan melakukan pemeriksaan terhadap penyakit pasien dan membantu memahami permasalahan yang hinggap di tubuh pasien.

Fisioterapi membutuhkan keseriusan pasien karena metode ini berkaitan dengan gaya hidup, aktivitas, dan kesehatan.

Metode yang biasanya diterapkan kepada pasien yaitu program latihan beberapa terapi yang termasuk dalam program ini antara lain teknik memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, latihan kardiovaskular, dan peregangan.

Teknik elektroterapi terapi ini menggunakan alat dengan daya listrik beberapa terapi jenis ini antara lain ultrasound, terapi laser, terapi diatermi, dan terapi syaraf dengan stimulasi elektrik (TEN).

Fisioterapi manual yang temasuk fisioterapi jenis ini adalah pijat, peregangan, dan pelatihan resistensi tubuh, serta mobilisasi dan manipulasi sendi.

Metode lainnya selain metode-metode ini, fisioterapi juga membantu pasien dengan mengoreksi teknik berolahraga yang salah dan membantu cara menggunakan alat bantu dengan tepat.

Beberapa metode lainnya yang biasa dipakai adalah hidroterapi, melatih teknik bernapas yang benar, dan pengobatan akupuntur.

Selain metodenya yang lengkap dan spesifik, fisioterapi juga bisa dilakukan dengan fleksibel artinya, pasien bisa melakukan fisioterapi di mana saja sesuai dengan kemampuannya, apakah mau di rumah atau di rumah sakit.

Bahkan bisa melakukan fisioterapi sendiri, tapi jangan lupa untuk meminta saran fisioterapis untuk menilai kondisi Anda sehingga jenis dan frekuensi fisioterapi yang dilakukan tidak keliru.

Sementara itu pasien dari Balai Baru, Agung Syafwan mengatakan sudah beberapa kali melakukan Fisioterapi disini sudah melihatkan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.

"Saya berolahraga voli setiap hari, sakali seminggu harus melakukan terapi agar otot tidak tegang untuk otot yang lebih segar dan lebih baik lagi," tambahnya.


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru