oleh

CATATAN MUDIK LEBARAN (1)

Perjalanan Hari Pertama Jakarta-Padang yang Menyenangkan

Wartawan senior Syafruddin AL melakukan perjalanan mudik lebaran Idul Fitri 2018 via darat Jakarta-Padang dengan kendaraan pribadi. Berikut catatan perjalanannya. (Redaksi)

Tadinya saya mau berangkat habis sahur dari Bogor menuju Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Bekauheni di ujung selatan Pulau Sumatera. Tapi, karena ada rapat mendadak yang harus saya hadiri pagi tadi, maka saya harus singgah dulu di Jakarta selama kurang lebih empat jam.

Masuk di pintu Tol Kuningan Timur, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, pada pukul 11.15 WIB, perjalanan menuju Merak terasa sangat lancar. Jam 12.45 saya sudah sampai di gerbang tol Merak. Itu pun sempat keluar tol dulu di Karang Tengah untuk menjemput anak.


Tadinya, saya membayangkan akan ada antrean panjang di Pelabuhan Merak sebagaimana yang pernah saya alami beberapa kali mudik beberapa tahun silam.

Hari ini, proses naik kapal begitu cepat. Tak sampai 20 menit kendaraan saya sudah terparkir di lantai II kapal ferry yang membawa kami menuju Pelabuhan Bekauheni.

Sebelum tol Jakarta-Merak terbentang, saya pernah mengalami macet yang luar biasa mulai dari Kota Cilegon. Setelah makan sahur di sebuah RM Padang di kota ini, kami baru tiba di Pelabuhan Bekauheni esok paginya. Sungguh menyiksa.

Tapi, perjalanan hari ini terasa begitu lancar. Saya belum mendapat info sahih mengapa tak ada tumpukan kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Merak seperti tahun-tahun sebelumnya. Bisa jadi pengaturan "tol laut" ini sudah bagus, atau jumlah pemudik berkurang karena desakan kebutuhan dengan tahun ajaran baru. Padahal hari ini adalah minus H-5 jelang lebaran.

Sebentar lagi saya mau turun dari kapal. Saya ingin sekali mencoba tol Bekauheni-Termanggi yang katanya sudah boleh dilewati untuk sementara.

Malam ini, saya bersama keluarga tidak melanjutkan perjalanan menuju Lubuk Linggau. Tapi menginap dulu di Bandar Lampung untuk istirahat, baru esok subuh jalan lagi.

Alhamdulillah, perjalanan mudik kali lini terasa terkawal dengan hadirnya WAG Relawan mudik dari PKDP.

Sepanjang Lampung, dari selatan hingga utara, sudah dikoordinasikan oleh Ketua DPW PKDP terpilih Provinsi Lampung, St. Ramandung. Sejumlah nomor kontak di sejumlah titik, bisa dihubungi bila dunsanak PKDP maupun lainnya mengalami masalah di perjalanan. Terima kasih Sutan. Sampai jumpa di RM Bagadang 5.(bersambung)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru