Persiapan Pemberangkatan 4.613 Calon Jamaah Haji Sumbar Tetap Berjalan

Ilustrasi. (net)

PADANG (Metrans)

Kabar baik datang bagi para calon jamaah haji 1441 H. Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agaman (Kemenag) Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan, persiapan pelaksanaan ibadah haji 1441 H/2020 M terus berjalan dan tetap harus diselesaikan. Hal-hal terkait pelunasan biaya haji akan tetap dipantau dan dibantu sesuai aturan yang berlaku.

"Itu berdasarkan peraturan yang dikeluarkan Kemenag, semua persiapan pemberangkatan haji 1441 H tetap harus diselesaikan. Sampai saat ini belum ada penundaan pemberangkatan dari pemerintah arab saudi," kata Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, Rabu (8/4).


Ia mengatakan, jika seandainya suatu saat diputuskan keberangkatan ditunda, maka biaya pelunasan yang telah disetorkan jamaah dapat dikembalikan, jika jamaah mengambil pelunasan yang telah disetor maka statusnya masuk daftar tunggu. Namun, bila jamaah tidak mengambil biaya pelunasan, menjadi lunas tunda pada tahun berikutnya.

"Jika memang seandainya ditunda, maka pelunasan yang sudah bayar, dapat dikembalikan. Maka porsinya waiting list atau masuk daftar tunggu. Namun jika sebaliknya, jamaah tidak mengambil biaya pelunasan, menjadi lunas utang tahun berikutnya," tambah dia.

Berdasarkan catatan Kanwil Kemenag Sumbar, hingga saat ini terdapat 4.613 calon jamaah haji dari Sumbar, yaitu terdiri atas 4.525 reguler, 46 lansia, 36 petugas Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), serta pembimbing KBIH sebanyak 6 orang.

"Sedangkan yang sudah melunasi, sebanyak 3.281 orang dan waktu pelunasan tahap pertama yaitu tanggal 19 Maret hingga 30 April 2020. Kemudian tahap kedua mulai tanggal 12 hingga 20 Mei 2020," ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, hingga saat ini paspor jamaah yang telah dihimpun yang berasal dari kabupaten/kota yaitu sebanyak 2.533, dan paspor yang sudah dipindai untuk proses pengajuan visa berjumlah 1.422.

"Kloter pertama direncanakan berangkat pada 26 Juni 2020 mendatang. Tambahannya, asrama haji atau embarkasi haji Padang yang ada di Tabing, sudah siap memberikan pelayanan kepada jamaah haji. Karena asrama haji sudah menyiapkan yang mau berangkat 26 Juni itu," pungkasnya.

[Raihan Al Karim]

Video Terkait:



Jangan Lewatkan