oleh



Polda Sumbar Ringkus Tiga Pengedar Asal Padang di Payakumbuh, 17,3 Kg Ganja Disita

PADANG (Metrans)

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar kembali meringkus tiga pengedar narkoba jenis ganja di Pakan Senayan, Payakumbuh, Senin (8/7) sekira pukul 15.30 WIB.

Ketiga tersangka yang diketahui berdomisili di Kota Padang itu berinisial RA (33), SM (27), dan JA (34). Dari hasil penangkapan, petugas berhasil menyita barang bukti berupa 17,3 kilogram narkoba jenis ganja kering yang dibalut dengan lakban kuning.


Wadir Narkoba Polda Sumbar, AKBP Rudi Yulianto mengatakan, penangkapan terhadap tiga pengedar ini merupakan hasil pengembangan dari penangkapan seorang bandar narkoba berinisial HW yang ditangkap pada Sabu (6/7) lalu 

"Berdasarkan berita acara pemeriksaan (BAP) terhadap tersangka berinisial HW yang ditangkap pada Sabtu (6/7) lalu, ganja sebanyak 20 paket besar yang disita tersebut berasal dari tersangka RA," kata dia saat menggelar jumpa pers di Mapolda Sumbar, Kamis (11/7) siang.

Ia mengatakan, saat itu tersangka RA sedang berada di Kota Medan untuk menjemput narkoba jenis ganja dan berencana kembali pada hari Senin (8/7).

"Setelah dilakukan pengembangan, memang benar RA sedang berada di Medan kemudian akan turun di Kota Payakumbuh dan dijemput oleh istrinya (tersangka SM) bersama dengan temannya (tersangka JA) dengan merental 1 unit mobil," lanjutnya.

Lebih lanjut kata dia, pada pukul 15.30 WIB, mobil yang dirental istri tersangka, sedang parkir di lokasi penangkapan. Saat itu, tersangka RA baru selesai memasukkan barang bawaannya ke dalam mobil rental tersebut.

"Kita langsung meringkus ketiga tersangka. Saat dilakukan penggeledahan, kita menemukan barang bukti berupa 1 buah koper warna coklat hitam yang berisikan 13 paket besar ganja dibalut lakban kuning dan 1 buah kardus dilapisi plastik hitam yang berisikan 4 paket besar ganja dibalut lakban kuning," kata dia.

Dari tindakan tersebut, kata dia, ketiga pelaku dijerat pasal 114 ayat (2) subsider pasal 111 ayat (2) pasal 132 ayat (1) undang-undang RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Tiga tersangka itu akan diproses kembali untuk menentukan masa tahanan, dari pasal yang berlaku tersangka akan dipidana paling lama 20 tahun hukuman penjara," ujarnya. (Raihan)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru