oleh



Polisi OTT Dua Oknum Dishub Kota Solok Saat Lakukan Pungli

SOLOK (Metrans)
Kepolisian Resor (Polres) Solok Kota menangkap dua orang pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solok ketika melakukan pungutan liar (pungli) saat piket TPR di Pos Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Terminal Kota Solok, Rabu (31/1) sekitar pukul 04.00 WIB.

Penangkapan yang dipimpin langsung Wakapolres Solok Kota, Kompol Sumintak yang juga Ketua UPP Saber Pungli Kota Solok itu, berhasil menangkap Jufri (20) selaku pegawai honorer Dishub Kota Solok dan Irsal (50) sebagai PNS Dishub Kota Solok.

Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan melalui Wakapolres, Sumintak mengatakan, penangkapan terhadap kedua oknum Dishub Kota Solok itu berawal dari petugas mendapat informasi dari masyarakat bahwa di Pos TPR Terminal Kota Solok terjadi dugaan pungli dengan memungut setoran retribusi mobil angkutan barang tanpa menyerahkan kertas bukti setoran.


Dikatakan Sumintak, kemudian petugas melakukan penyelidikan dengan memberhentikan dan menanyakan kepada saksi-saksi tentang dugaan tersebut dan ternyata dibenarkan oleh saksi bahwa ketika saksi-saksi melakukan penyetoran retribusi tidak ada diberikan tanda setoran oleh petugas TPR.

"Kemudian anggota kita melakukan pengintaian di Pos TPR, dan benar ditemukan dua petugas TPR memungut retribusi tanpa memberikan kertas bukti setoran," ujar Sumintak, Kamis (1/2).

Dikatakan Sumintak, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, terduga tersangka dan dihubungkan dengan barang bukti yang ada, diakui sendiri oleh tersangka bahwa benar telah memungut uang retribusi sebesar Rp3.697.000 hasil pungutan retribusi tanggal 30 Januari 2018 hingga 31 Januari 2018 pukul 04.00 WIB.

"Kemudian tersangka mengisi blanko setoran dengan tulisan tangan berjumlah Rp2,7 juta untuk disetorkan kepada Bendahara Penerima. Sehingga sisa pungutan yang didapat dari pemungutan tanpa karcis sebanyak Rp997 ribu itulah yang akan dibagi rata oleh kedua tersangka untuk keperluan pribadi," tambah mantan Kabag Ops Polresta Padang itu.

Barang bukti yang diamankan berupa uang tunai Rp3.697.000 (hasil pungutan retribusi tanggal 30 hingga 31 Januari 2018 pukul 04.00 WIB) serta blanko setoran yg sudah diisi senilai Rp2,7 juta untuk disetorkan kepada Bendahara Penerima dan 4 bundel sisa bukti pembayaran retribusi terminal.

Lebih lanjut kata Sumintak, anggotanya langsung membawa kedua oknum Dishub beserta barang bukti tersebut untuk dibawa ke Mapolres Solok Kota guna penyelidikan lebih lanjut. (Raihan)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru