oleh

OPERASI PATUH BERAKHIR

Polresta Padang Tilang 3.111 Pengendara Selama Operasi Patuh, 337 di Antaranya di Bawah Umur

PADANG (Metrans)

Operasi Patuh Singgalang 2019 telah berakhir. Sebanyak 3.111 pengendara terjaring operasi yang digelar Satlantas Polresta Padang sejak 29 Agustus hingga 11 September.

Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya menyatakan, dari 3.111 pengendara yang ditindak, terdapat beberapa pelanggaran yang ditemukan pada beberapa pengendara roda dua maupun roda empat.


"Hari ini operasi patuh singgalang berakhir. Selama operasi berlangsung, kami melayangkan tilang sebanyak 3.111 berkas," kata dia kepada Metrans, Rabu (11/9).

Dia mengungkapkan, ada 7 atensi WHO dalam operasi patuh tersebut. Pelanggaran didominasi paling tinggi yaitu pelanggaran tidak memakai helm, yakni 1.153 tilang.

Kemudian disusul dengan pelanggar yang melawan arus, yakni sebanyak 356 tilang dan posisi ketiga diduduki oleh pelanggar yang masih dibawah umur sebanyak 337 tilang.

"Selain tiga jenis pelanggaran tertinggi itu, kita juga menindak 271 pengendara roda empat yang tak menggunakan sabuk pengaman, 2 pengendara yang menggunakan handphone saat mengemudi dan 992 pengendara dengan pelanggaran lainnya," lanjut dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari 3.111 pengendara yang ditindak, pihaknya menyita barang bukti berupa 1.731 lembar SIM dan 1.183 lembar STNK. Selain itu, pihaknya juga menyita 197 kendaraan bermotor.

Dirinya mengimbau, warga Kota Padang tetap terus taat berlalu lintas walau operasi patuh sudah berakhir.

"Warga harus tetap taat berlalu lintas, tetap gunakan helm dan lengkapi surat-suratnya," tambahnya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh pengendara agar tetap berhati-hati dan waspada dalam berkendara. Orang tua pelajar atau anak di bawah umur, harus bertanggungjawab untuk tidak memberikan kendaraan kepada anaknya.

"Diimbau kepada seluruh pengendara untuk tetap berhati-hati dalam berkendara. Orang tua harus bertanggungjawab untuk tidak memberikan kendaraan kepada anak di bawah umur, termasuk pelajar," tutupnya.

[Raihan Al Karim]


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru