DITUTUP DENGAN BAKTI MASYARAKAT

Pramuka Kecamatan Airpura Gelar Perkemahan Lomba Tingkat II

Peserta yang mendapat hadiah

PAINAN (Metrans)

Gerakan Pramuka kecamatan Airpura mengadakan perkemahan lomba tingkat II (LT-2) di lapangan hijau kampung Tamuan Nagari Tanah Bakali Inderapura sejak Kamis (16/02) hingga Minggu siang (19/02), yang ditutup dengan kegiatan bakti masyarakat membersihkan lingkungan rumah warga sekitar.

Panitia Pelaksana Ketua Busnem S.Pd didampingi Ketua Kwarran Sofian Adi S.Pd serta Wakil Ketua Suherdi SPdi MM mengatakan, digelarnya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan siswa SD dan SMP mengenali lingkungan alam beserta pelestariannya, serta juga mengajarkan jiwa kepemimpimpinan, disiplin, kejujuran, dan tanggung jawab.


Dikatakan, semenjak berdirinya kwaran kecamatan Airpura, mereka rutin mengadakan kegiatan perkemahan bertujuan untuk membentuk krakter peserta didik dilakukan dengan pramuka ini.

“Bahkan untuk di Pesisir Selatan ini baru Kwarran 030110 yang pertama melakukan kegiatan perkemahan tingkat kecamatan di tahun ini dan dibuka langsung Ketua Kwarcab Kabupaten  Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar,” katanya dan menyampaikan juga acara ini berkat latihan-latihan tiap gudep (gugus depan) di tingkat sekolah-sekolah pengalang SD dan Pengalang SMP se kecamatan Airpura.

Menurut dia, perlu diadakan kegiatan serupa ditingkat kecamatan karena sesuai program pendidikan ekstrakuler berbagai macam lomba seperti yang mereka  adakan antara lain lomba tapak perkemahan, lomba pionering, lomba LCT ( lomba cerdas tangkas), lomba PBB (peraturan baris berbaris ) murni, lomba PBB kreasi , lomba Yel-yel.

Selain itu juga ada lomba masak menu makan siang, lomba semboyan pramuka, lomba Hiking, Lomba Azan, lomba sholat wajib, dan lomba pentas seni dan siapa yang terbaik diberi hadiah setiap juara 1,2,3 dan paling banyak dapat hadiah adalah juara umum sesuai tingkatan nya

“Dalam kegiatan ini selalu disampaikan kepada peserta pramuka untuk membangun jiwa patriot,” tukasnya.

Busmen berharap, semua elemen hendaknya dapat mendukung acara ini serta tak lupa menyampaikan terima kasih kepada tim DKR (dewan kerja ranting) Kwarran Airpura yang berasal dari Pramuka SMA 1 Airpura serta semua donatur yang ikut membantu terlaksananya kegiatan ini. (fdl)


Jangan Lewatkan