PSP Genjot Pemain di Pantai

Suasana latihan PSP di Pantai. (Foto : Robbi/PSP)

Padang,Metrans - setelah melihat skill individu pemain dalam laga ujicoba dengan tim PSP U-17, skuad PSP Liga 3 mulai menjalankan program latihan. Salah satu program latihan yang dimulai tim pelatih adalah memperbaiki kondisi fisik pemain.Untuk mengenjot fisik pemain, tim pelatih menggelar latihan di Pantai Padang, Rabu (3/7/19).

"Tim PSP Liga 3 sudah memulai program latihan. Program awal yang dilakukan tim pelatih mengenjot fisik pemain. Latuhan fisik pemain ini digelar di Pantai Padang," ujar sekretaris tim PSP Liga 3, Robbi Malvinas di Padang, Rabu (3/7/19).

Kata Robbi, sesuai arahan pelatih, latihan fisik yang diikuti seluruh pemain ini banyak manfaatnya, tidak semata-mata hanya karena faktor kebosanan. Terdapat beberapa keuntungan yang didapat dari latihan di atas pasir pantai ketimbang di lapangan rumput biasa.
Kontur pasir pantai yang cenderung tidak stabil jika dibandingkan lapangan rumput akan memberikan beban tersendiri bagi otot kaki dalam melangkah. 


"Otot-otot yang berperan saat kaki melangkah seperti otot bokong, otot paha, dan otot kaki bagian bawah akan mengeluarkan usaha lebih besar ketimbang saat melangkah di lapangan rumput," terangnya. 
Beberapa orang mengatakan berlari di pantai layaknya berlari dengan membawa beban di ankle. Dengan begitu, efek latihan yang diterima para pemain juga akan lebih baik ketimbang latihan di lapangan rumput.

Di sisi lain, berlatih di atas pasir pantai juga membuat beban yang sendi-sendi pada kaki anda menjadi lebih kecil. Hal ini disebabkan kondisi pasir yang lebih empuk ketimbang lapangan rumput. Dengan begitu gaya reaksi saat kaki berpijak di pasir pantai akan lebih teredam ketimbang jika kaki berpijak di lapangan rumput, sehingga sedikit banyak ancaman cedera akan dapat berkurang.

Fisik akan mendapatkan porsi paling besar dalam latihan di daerah pantai. Namun tentu dibutuhkan perencanaan latihan yang baik agar pemain tidak mengalami overload dalam latihan. (Faisal Budiman)


Jangan Lewatkan