oleh

A84 SMPN 8 PADANG

Rencanakan Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Alumni

PADANG (Metrans)

Memanfaatkan momen hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah keluarga besar alumni SMP Negeri 8 Padang angkatan 1984, menggelar acara halal bihalal, di Pondok Nasi Onang Kuranji, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Selasa (19/6).

Menurut Ketua Panitia Acara Halal Bihalal, Ir H Adrinaldi MM, selain untuk bersilaturahim dan mengenang kisah-kisah masa lampau, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk membahas program-progam organisasi alumni untuk ke depannya.


“Kita tak ingin wadah alumni hanya sekedar ajang kumpul-kumpul tahunan sambil ketawa ketiwi dan bercerita ngalor ngidul. Tapi, kita ingin wadah alumni dan kegiatan para alumni SMP Negeri 8 Padang angkatan 1984 ini, benar-benar membawa manfaat bagi para alumninya. Dengan demikian, rasa persaudaraan akan semakin kental dirasakan. Dulu kami bakawan, kini kami badunsanak,” kata pria yang juga Direktur PT. Adib Multi Engineering ini.

Salah seorang alumni SMPN 8 Padang angkatan 1984, Nur Hasra Bsc, saat menyampaikan aspirasi dalam membahas langkah organisasi alumni ke depan, menyarankan agar alumni yang sudah sukses, baik sukses dalam karier maupun sukses secara finansial, sudah harus mulai memberikan “fasilitas” pengembangan diri bagi para alumni yang masih kesulitan secara ekonomi.

“Saya berharap para alumni angkatan 84 yang sudah sukses, baik dalam karir maupun finansial, agar memberikan solusi untuk menggerakkan ekonomi kawan-kawan yang belum beruntung. Jadi, para alumni yang sudah sukses, agar memikirkan gerak langkah yang diperlukan bagi pengembangan diri para alumni yang masih kesulitan secara ekonomi,” kata Ketua DPD PKS Kota Bukittinggi ini.

Nur Hasra berharap langkah tersebut akan dapat mengembalikan kepercayaan diri para alumni yang merasa “belum dapat berkiprah” di masyarakat maupun antar sesama alumni.

Saran Nur Hasra tersebut direspon oleh Ketua Alumni SMP Negeri 8 Padang agkatan 1984, Dedi Saptomo ST MT.

Menurut dia, sebelum melangkah ke program pemberdayaan alumni itu, ke depan para alumni harus terlebih dulu membangun komunikasi yang intensif antar sesama, melalui kegiatan pertemuan sekali dua bulan.

Apabila komunikasi antar sesama alumni sudah terjalin dengan baik, kata pria yang menjabat sebagai Direktur Teknik PT Igasar ini, semua program akan berjalan dengan baik pula.

“Untuk itu, mari kita perkuat hubungan persaudaraan dengan membangun komunikasi yang intensif antar sesama, melalui pertemuan rutin sekali dalam dua bulan,” katanya.

Dia mengatakan, banyak aktivitas para alumni yang dapat dishare antar sesama alumni, termasuk unit-unit usaha yang bisa dilakukan dan dapat disinergikan dengan keberadaan organisasi alumni.

“Dengan adanya komunikasi dan sinergi antar sesama alumni, akan dapat menghasilkan gagasan atau program-program yang menurut saya sangat luar biasa, terutama dalam pemberdayaan ekonomi para alumni,” kata Dedi Saptomo.

Dia sangat yakin bila komunikasi sudah terjalin dengan baik, maka wadah organisasi alumni SMPN 8 Padang angkatan 1984, akan dapat menjadi mujahid iqtishodiyah yang berjuang untuk menegakkan ekonomi para alumni yang masih kesulitan secara ekonomi. (feb)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru