oleh



Resmi Terima Berkas Tersangka Korupsi Los Lambung Bungus, Kejari Padang Siapkan 4 Jaksa Peneliti

PADANG (Metrans)

Berkas kasus dugaan korupsi terhadap pengadaan los lambung Pasar Bungus Teluk Kabung, Kecamatan Bungus, Kota Padang yang menjerat tersangka Arif Priyadi (32) akhirnya diterima Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang dari Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polresta Padang.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Padang, Yuni Hariaman didampingi Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus), Perut Ritonga menyebutkan, berkas tersebut telah diterima dan selanjutnya akan diteliti selama 14 hari kerja.


"Berkas telah kami terima beberapa hari yang lalu dari penyidik Tipikor Polresta Padang. Nantinya akan diteliti selama 14 hari kerja," kata Yuni, Senin (18/11).

Ia mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan beberapa orang jaksa dalam perkara tersebut. "Ada empat orang jaksa yang akan meneliti berkas kasus tersebut," tambah dia.

Ia menjelaskan, tersangka Arif Priyadi merupakan buronan dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan pasar Bungus (Los Lambung) tahun anggaran 2012.

Dia masuk dalam Daftar Pencarian Orang Nomor: DPO/18/II/X/2013/, tertanggal 6 Februari 2014 dan sekitar lima tahun menghilang. Tersangka Arif Priyadi ditangkap saat hendak mengurus SIM (Surat Izin Mengemudi) di Kota Padang.

Sebelumnya, dalam kasus tersebut, kerugikan negara sekitar Rp117 juta tersebut, Arif sebagai rekanan pengerjaan los lambung Bungus. Sementara proyek memiliki anggaran sebesar Rp1 miliar.

Sebelum Arif, sudah ada dua orang yang dijerat dalam kasus yang sama dan divonis bersalah oleh pengadilan. Kedua orang itu adalah Khaidir selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), dan terdakwa Yusman sebagai pengawas.

Majelis hakim Pengadilan Tipikor Padang yang diketuai Mahyudin menjatuhkan putusan pada April 2015 dengan hukuman setahun enam bulan penjara, dan denda sebesar Rp50 juta, subsider 3 bulan kurungan. Keduanya divonis bersalah melanggar Pasal 3 Undang-undang 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

[Murdiansyah Eko]


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru