oleh



Sampaikan Perkembangan Ranah ke Rantau

SURABAYA (Metrans)

Meski telah lama hidup di rantau, tetapi rasa persaudaraan dan kekeluargaan sebagai orang Minang tak pernah pudar. Seperti yang dirasakan rombongan PWI Sumbar yang sedang berada di Surabaya saat mengikuti helat Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Jumat (8/2/2019). 

Dalam rombongan juga ikut Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyudin. Mereka disambut dengan pelukan hangat dan jamuan khas Minang di Rumah Gadang Minang oleh perantau yang tergabung dalam Gebu Minang Jawa Timur.  


Ketua Gebu Minang Jawa Timur, Sumarzen Marzuki mengatakan, Gebung Minang yang dipimpinnya didirikan sejak 1986 dengan anggota hingga saat ini mencapai 50.000 orang. Meski organisasi social, tetapi Gebu Minang Jatim memiliki asset yang luar biasa senilai Rp80 miliar, berupa tanah seluas 3.500 hektar dan bangunan di atasnya berupa rumah gadang.

“Aset itu kepemilikannya berada di bawah Yayasan Gebu Minang yang dipimpin Ketua Yayasan Amrizal Zein Dt Rangkayo Nan Mulie,” katanya.

Ditambahkannya, rumah gadang banyak dimanfaatkan masyarakat baik perantau Minang maupun warga setempat sebagai gedung pertemuan atau menggelar resepsi pernikahan.

“Rumah gadang ini juga menerima kedatangan anak kemenakan yang datang ke Jawa Timur untuk berbagai keperluan, seperti mahasiswa dan lainnya. Juga sebagai tempat untuk menyampaikan sesuatu, termasuk informasi tentang kampung halaman,” katanya.

Sementara Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus menjelaskan tentang tugas wartawan dan maraknya berita hoak saat ini. Menurutnya, wartawan tidak menyebar merita hoak, justru wartawan memberikan penjelasan dari sumber yang bertanggung jawab. “Berita hoak itu tersebar di media social. Sedang wartawan tidak memproduksi berita hoak karena jelas narasumber dan harus disampaikan berimbang,” katanya.

Sebuah berita yang dibuat wartawan, lanjutnya, sebelum berita terbit dan sampai ke tangan pembaca, beritanya harus melalui beberapa proses seperti koreksi dan editing. Berbeda dengan berita yang bersiliweran di media social.

Wakil Walikota Pariaman Mardison, pada kesempatan itu menyampaikan potensi kota tabuik itu dan mengajak perantau Minang di Jawa Timur untuk berinvestasi membangun hotel berbintang.

“Wisata adalag unggulan kita. Tetapi sampai saat ini belum didukung dengan penginapan yang memadai. Wisawatan masih menginap di Padang. Jadi kami mengundang perantau untuk berinvestasi,” katanya. (vie)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru